Bai Fang Li: Memberi dalam Kekurangan

(kecuali judul, content/tulisan dicopy dari milis tetangga… semoga membawa inspirasi bagi kita semua)

Namanya BAI FANG LI. Pekerjaannya adalah seorang tukang becak. Seluruh hidupnya dihabiskankan di atas sadel becaknya, mengayuh dan mengayuh untuk memberi jasanya kepada orang yang naik becaknya. Mengantarkan kemana saja pelanggannya menginginkannya, dengan imbalan uang sekedarnya.

Tubuhnya tidaklah perkasa. Perawakannya malah tergolong kecil untuk ukuran becaknya atau orang-orang yang menggunakan jasanya. Tetapi semangatnya luar biasa untuk bekerja. Mulai jam enam pagi setelah melakukan rutinitasnya untuk bersekutu dengan Tuhan. Dia melalang dijalanan, di atas becaknya untuk mengantar para pelanggannya. Dan ia akan mengakhiri kerja kerasnya setelah jam delapan malam.

Para pelanggannya sangat menyukai Bai Fang Li, karena ia pribadi yang ramah dan senyum tak pernah lekang dari wajahnya. Dan ia tak pernah mematok berapa orang harus membayar jasanya. Namun karena kebaikan hatinya itu, banyak orang yang menggunakan jasanya membayar lebih. Mungkin karena tidak tega, melihat bagaimana tubuh yang kecil malah tergolong ringkih itu dengan nafas yang ngos-ngosan (apalagi kalau jalanan mulai menanjak) dan keringat bercucuran berusaha mengayuh becak tuanya.

Bai Fang Li tinggal disebuah gubuk reot yang nyaris sudah mau rubuh, di daerah yang tergolong kumuh, bersama dengan banyak tukang becak, para penjual asongan dan pemulung lainnya. Gubuk itupun bukan miliknya, karena ia menyewanya secara harian. Perlengkapan di gubuk itu sangat sederhana. Hanya ada sebuah tikar tua yang telah robek-robek dipojok-pojoknya, tempat dimana ia biasa merebahkan tubuh penatnya setelah sepanjang hari mengayuh becak.

Gubuk itu hanya merupakan satu ruang kecil dimana ia biasa merebahkan tubuhnya beristirahat, diruang itu juga ia menerima tamu yang butuh bantuannya, diruang itu juga ada sebuah kotak dari kardus yang berisi beberapa baju tua miliknya dan sebuah selimut tipis tua yang telah bertambal-tambal. Ada sebuah piring seng comel yang mungkin diambilnya dari tempat sampah dimana biasa ia makan, ada sebuah tempat minum dari kaleng.
Dipojok ruangan tergantung sebuah lampu templok minyak tanah, lampu yang biasa dinyalakan untuk menerangi kegelapan di gubuk tua itu bila malam telah menjelang.

Bai Fang Li tinggal sendirian digubuknya. Dan orang hanya tahu bahwa ia seorang pendatang. Tak ada yang tahu apakah ia mempunyai sanak saudara sedarah. Tapi nampaknya ia tak pernah merasa sendirian, banyak orang yang suka padanya, karena sifatnya yang murah hati dan suka menolong. Tangannya sangat ringan menolong orang yang membutuhkan bantuannya, dan itu dilakukannya dengan sukacita tanpa mengharapkan pujian atau balasan.

Dari penghasilan yang diperolehnya selama seharian mengayuh becaknya, sebenarnya ia mampu untuk mendapatkan makanan dan minuman yang layak untuk dirinya dan membeli pakaian yang cukup bagus untuk menggantikan baju tuanya yang hanya sepasang dan sepatu bututnya yang sudah tak layak dipakai karena telah robek. Namun dia tidak melakukannya, karena semua uang hasil penghasilannya disumbangkannya kepada sebuah Yayasan sederhana yang biasa mengurusi dan menyantuni sekitar 300 anak-anak yatim piatu miskin di Tianjin. Yayasan yang juga mendidik anak-anak yatim piatu melalui sekolah yang ada.

Hatinya sangat tersentuh ketika suatu ketika ia baru beristirahat setelah mengantar seorang pelanggannya. Ia menyaksikan seorang anak lelaki kurus berusia sekitar 6 tahun yang yang tengah menawarkan jasa untuk mengangkat barang seorang ibu yang baru berbelanja. Tubuh kecil itu nampak sempoyongan mengendong beban berat dipundaknya, namun terus dengan semangat melakukan tugasnya. Dan dengan kegembiraan yang sangat jelas terpancar dimukanya, ia menyambut upah beberapa uang recehan yang diberikan oleh ibu itu, dan dengan wajah menengadah ke langit bocah itu berguman, mungkin ia mengucapkan syukur pada Tuhan untuk rezeki yang diperolehnya hari itu.

Beberapa kali ia perhatikan anak lelaki kecil itu menolong ibu-ibu yang berbelanja, dan menerima upah uang recehan. Kemudian ia lihat anak itu beranjak ketempat sampah, mengais-ngais sampah, dan waktu menemukan sepotong roti kecil yang kotor, ia bersihkan kotoran itu, dan memasukkan roti itu kemulutnya, menikmatinya dengan nikmat seolah itu makanan dari surga.

Hati Bai Fang Li tercekat melihat itu, ia hampiri anak lelaki itu, dan berbagi makanannya dengan anak lelaki itu. Ia heran, mengapa anak itu tak membeli makanan untuk dirinya, padahal uang yang diperolehnya cukup banyak, dan tak akan habis bila hanya untuk sekedar membeli makanan sederhana.
“Uang yang saya dapat untuk makan adik-adik saya” jawab anak itu.
“Orang tuamu dimana?” tanya Bai Fang Li.
“Saya tidak tahu, ayah ibu saya pemulung. Tapi sejak sebulan lalu setelah mereka pergi memulung, mereka tidak pernah pulang lagi. Saya harus bekerja untuk mencari makan untuk saya dan dua adik saya yang masih kecil” sahut anak itu.

Bai Fang Li minta anak itu mengantarnya melihat ke dua adik anak lelaki bernama Wang Ming itu. Hati Bai Fang Li semakin merintih melihat kedua adik Wang Fing, dua anak perempuan kurus berumur 5 tahun dan 4 tahun. Kedua anak perempuan itu nampak menyedihkan sekali, kurus, kotor dengan pakaian yang compang camping.

Bai Fang Li tidak menyalahkan kalau tetangga ketiga anak itu tidak terlalu perduli dengan situasi dan keadaan ketiga anak kecil yang tidak berdaya itu, karena memang mereka juga terbelit dalam kemiskinan yang sangat parah, jangankan untuk mengurus orang lain, mengurus diri mereka sendiri dan keluarga mereka saja mereka kesulitan.

Bai Fang Li kemudian membawa ke tiga anak itu ke Yayasan yang biasa menampung anak yatim piatu miskin di Tianjin. Pada pengurus yayasan itu Bai Fang Li mengatakan bahwa ia setiap hari akan mengantarkan semua penghasilannya untuk membantu anak-anak miskin itu agar mereka mendapatkan makanan dan minuman yang layak dan mendapatkan perawatan dan pendidikan yang layak.

Sejak saat itulah Bai Fang Li menghabiskan waktunya dengan mengayuh becaknya mulai jam 6 pagi sampai jam delapan malam dengan penuh semangat untuk mendapatkan uang. Dan seluruh uang penghasilannya setelah dipotong sewa gubuknya dan pembeli dua potong kue kismis untuk makan siangnya dan sepotong kecil daging dan sebutir telur untuk makan malamnya, seluruhnya ia sumbangkan ke Yayasan yatim piatu itu. Untuk sahabat-sahabat kecilnya yang kekurangan.

Ia merasa sangat bahagia sekali melakukan semua itu, ditengah kesederhanaan dan keterbatasan dirinya. Merupakan kemewahan luar biasa bila ia beruntung mendapatkan pakaian rombeng yang masih cukup layak untuk dikenakan di tempat pembuangan sampah. Hanya perlu menjahit sedikit yang tergoyak dengan kain yang berbeda warna. Mhmmm… tapi masih cukup bagus… gumannya senang.

Bai Fang Li mengayuh becak tuanya selama 365 hari setahun, tanpa perduli dengan cuaca yang silih berganti, ditengah badai salju turun yang membekukan tubuhnya atau dalam panas matahari yang sangat menyengat membakar tubuh kurusnya.

“Tidak apa-apa saya menderita, yang penting biarlah anak-anak yang miskin itu dapat makanan yang layak dan dapat bersekolah. Dan saya bahagia melakukan semua ini,” katanya bila orang-orang menanyakan mengapa ia mau berkorban demikian besar untuk orang lain tanpa perduli dengan dirinya sendiri.

Hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun demi tahun, sehingga hampir 20 tahun Bai Fang Li menggenjot becaknya demi memperoleh uang untuk menambah donasinya pada yayasan yatim piatu di Tianjin itu.

Saat berusia 90 tahun, dia mengantarkan tabungan terakhirnya sebesar RMB 500 (sekitar 650 ribu Rupiah) yang disimpannya dengan rapih dalam suatu kotak dan menyerahkannnya ke sekolah Yao Hua.

Bai Fang Li berkata “Saya sudah tidak dapat mengayuh becak lagi. Saya tidak dapat menyumbang lagi. Ini mungkin uang terakhir yang dapat saya sumbangkan” katanya dengan sendu. Semua guru di sekolah itu menangis.

Bai Fang Li wafat pada usia 93 tahun, ia meninggal dalam kemiskinan.
Sekalipun begitu, dia telah menyumbangkan disepanjang hidupnya uang sebesarRMB 350.000 (kurs 1300, setara 455 juta Rupiah jika tidak salah) yang dia berikan kepada Yayasan yatim piatu dan sekolah-sekolah di Tianjin untuk menolong kurang lebih 300 anak-anak miskin.

Foto terakhir yang orang punya mengenai dirinya adalah sebuah foto dirinya yang bertuliskan “Sebuah Cinta yang istimewa untuk seseorang yang luar biasa.”

228 responses

  1. ‎​╮(-̩̩̩-_–̩̩̩╰ )╭ …

  2. Pribadi yang berhati sangat mulia Surga menjadi bagianMu. Hidup untuk memberi orang lain. Menjadi inspirasi bagi kami.

  3. Luar biasa. Cerita ini memuat pelajaran hidup yg begitu agung. Terima kasih banyak atas cerita yg menyentuh hati.

  4. Sungguh menampar hati saya..ada orang yg masi memikirkan orang lain padahal dirinya sendiri juga kekurangan..

  5. Saya sangat sedih membacanya, tp dg kisah ini saya sgt byk dpt berkat, salah satunya mempunyai hati yg mau berkorban demi org lain pdhal dirinya sendiri kekurangan T.T
    Biarlah tiap kita tdk Ŀªƍĭ mementingkn diri sendiri tp mau berbagi kpd org2 yg membutuhkan.
    Trima kasih atas kisah ini.

  6. Hati saiia tersentuh membaca kisah inni , , sungguh besar arti nya kebaikan seseorang bagi mereka Ųĝ membutuh kan . .
    Jaman $έķα®ąήб hampir tak άđª orang Ųĝ spt bai fang li . .
    Mari kita contoh beliau , memulai dg hal kecil . .

  7. saya sangat terinspirasi dg kisah bai fang li andai smua orang di indonesia bs spt ini mungkin tidak ada kekacauan spt skrg, tidak ada korupsi smua akan hidup damai berdampingan yg kaya membantu yg kekurangan yang miskin tdk mau menjadi beban

  8. Slamat jalan Bang Fai Ling..kau adalah pahlawan dunia..kisah mu,memberi teguran keras bg kami..ILOVE U BANG FAI LING…

    1. mana ngerti dia loe ngomong indo? ngomong mandarin dong

  9. Waaww….gak bisa ngomong…blm tentu saya bisa melakukan hal yang kecil dibandingkan tuan Bang Fai Ling yang kecil melakukan hal besar TUHAN memberkati arwahnya..

  10. (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩__-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩) saya tersenruh membaca crita ϊηϊ.hati nya sgt mulia.

  11. Dia miskin tapi kaya !

  12. Bang Fai Ling adalah pelaku Firman Tuhan yang benar2 nyata…kasih yang terbesar ketika kita mau berkorban untuk kepentingan orang lain dan tanpa mengharapkan balas jasa…Hv enjoying beautiful heaven Bang Fai Ling….Jesus loves us…:)

  13. Hati yg amat sangat mulia.. Menjadikan sebuah inspirasi dlm hidupku, walaupun hdp dlm sgl keterbatasan ttp masih bs membantu org lain.. Kehidupan duniawi mmg blm bisa beliau nikmati, tetapi surga yg kekal pasti akan dpt membahagiakannya sepanjang waktu. Itu smua didapat krn memberi tanpa pamrih

  14. Terharu….
    Jadi merasa diri kita terlalu egois dengan kehidupan kita sendiri dan merasa kurang perhatian kepada masyarakat sekitar

  15. Pokoknya tidak ada yang bisa diucapkan lagi hanya saya sangat salut dan bangga padanya

  16. menz anjell chow | Reply

    Seorang yg sngat luar biasa “andaikan bnyak orang d dunia in sprti dia mngkin dunia in akn sngat dmai dan abadi”saranghaeyo kakek bang fai ling

  17. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk anda yg memuat cerita diatas. Saya baca sambil menitikkan air mata. Cerita diatas bener2 sangat memukul hatiku. setidaknya saudara2ku yg baca cerita diatas dapat merubah sifat2 yg selama ini angkuh,sombong dan membanggakan kekayaan kita. Hidup tdk kekal. Uang tdk dibawa pergi setelah anda dipanggil tuhan, jd buat apa kita diperbudak oleh uang. Bantular sesama kita, sisihkan sedikit uang anda dari pada kita foya2 ketempat yg kgk bener, sumbangkan ќε tempat anak yatim piatu dan panti jompo. Moga bermanfaat buat temen2 yg baca cerita diatas ini.

  18. Banyak dari kita terlalu sering merumuskan arti kasih dengan kalimat yg indah tetapi sedikt yg mengaplikasikan dalam tindakan yg nyata… Semoga kisah ini inspirasi utk mulai lakukan hal yg nyata walau hal yg sgt sederhana sekalipun….. GBU

  19. Setelah membaca crita “BAI FANG LI”, air mata bercucuran.. Sprt’y dunia uda tdk da org sprt itu..
    Crita’y sgt menginspirasikan qta tuk berbagi, sgt menyentuh hati..
    Slamat tinggal “BAI FANG LI”.. S’moga arwah’y di trima di sisi Tuhan..
    BBU..

  20. Melalui orang2 seperti Bang Fai Ling, kita dapat melihat kasih Allah di dunia. Dia adalah kepanjangan dari tangan Allah.

  21. Jadi inget,sebagai manusia kita harus bersyukur atas apa yg tuhan berikan kpda kita…
    Salut buat si kakek,pasti masuk surga.. :)
    ‎​O:) Α ♏ I Ε Ň O:)

  22. Nice story..
    God Bless

  23. Cerita ini sungguh mengharukan ,seseorang yg miskin tapi kaya hati dan sangat gigih berjuang demi nasih org lain dan tak kenal lelah n selamat jalan. Bai fang li semoga amalmu didunia dpt kau terima di sana dan jasamu dpt dikenang sepanjang masa.

  24. Kemuliaan tiada tara,,,pintu surga terbuka untukmu….

  25. Puji Tuhan, Bai Fang Li telah berjuang melewati garis akhir dengan membawa segala kemenangan, kemuliaan, dan kejayaan….Tapi bukan untuk dirinya sendiri melainkan untuk orang lain, sehingga sudah sepantasnya Bai Fang Li menerima upah + Bunga simpanannya di Surga yaitu hidup Kekal. Jangan Sedih tapi jadikanlah cerita ini sebagai cambuk bagi diri kita masing2 untuk hidup lebih baik lagi dari hari sebelumnya. GBU

  26. Beginilah seharusnya yg diajarkan oleh agama: “Kasih terhadap sesama”. Bukan dengan sok suci, anarkis dan teror!!

  27. Nice story :)
    Smoga bs jd inspirasi kita smua :)
    God bless

  28. So inspiring.. Belajar memberkati dan diberkati. Kisah nyata ini bener2 nyata di hati semua org. Semoga banyak org diberkati dr kisah ini. Dan belajar u/ dpt memberkkati org lain sebelum diberkati. Goodbye Bai Fang Li, God Bless You!

  29. cynrhia danubrata | Reply

    Generous, murah hati…
    Hal yg sulit dilakukan, pdhl berdampak besar…
    I’m inspired…

  30. [...] Bai Fang Li: Memberi dalam Kekurangan (kecuali judul, content/tulisan dicopy dari milis tetangga… semoga membawa inspirasi bagi kita semua) Namanya BAI [...] [...]

  31. Di masa sekarang, seakan ini hanya kisah fiksi…. Saya merasakan, DIA sendiri ada di dalam hidup Bang Fang Li, membagikan hidupNYA

  32. R.A Cheria Margaretta | Reply

    Betapa mulia hati seorang Bai Fang Li. Di jaman sekarang ini, sangatlah sedikit kita menemukan orang yg berhati baik dan mulia seperti beliau. Walaupun didalam duniawi beliau seorang yang miskin, tetapi tidak dalam kerajaan Allah. Hatinya yang kaya dapat membuat orang lain terinspirasi untuk melakukan hal yang baik pula. Diberkatilah dia karena dia telah memberkati orang lain dengan kisah hidupnya. Amin :)

  33. khams ariwangsa | Reply

    Semoga dengan kisah ini bisa menjadi tauladan buat saya dan kita semua akan sikap saling tolong menolong terhadap sesama dan selalu bersyukur akan karunia tuhan….

  34. Puji Tuhan atas ciptaan Nya Dia telah mengutus bapak Alm Fang Li untuk memelihara anak2 Nya. Walaupun tidak seberapa banyak nilainya tapi sangat luar biasa kehidupan beliau. Semoga dengan kisah ini dapat menggugah hati semua insan dan dapatlebih banyak mengulurkan tangan untuk membantu sesanyaa yang memerlukan bantuan kita terutama anak yatim piatu dan penyandang cacat. Salut untuk belaiu. GBU

  35. Bagus banget… Bai Fang Li mengabdikan seluruh hidupnya untuk kebahagiaan org lain yg tdk dikenalnya. Sungguh menyentuh hati. Semoga saya jg bisa lebih banyak menolong org lain selama hidup saya. Terima kasih Bai Fang Li.

  36. Bisakah kita seperti ‘ Beliau ? ‘

  37. ” Kita bisa seperti tuan Bai… Dan seandainya semua org peduli dgn sesamanya.. INSYA ALLAH hidup akan damai… GBU

  38. gosh, aku baca ampe nangis, one in a million tuh, he’s gonna be my greatest inspiration :’)

  39. Saya sgt tersentuh membaca kisah nyata ini, semoga beliau sudah mendptkan hdp yg layak d surga.. Dan anak2 yatim yg sdh d tolong bpk tua ini semoga bisa mengingat jasa akan beliau dan akan terus berbagi juga untuk org2 yg membutuhkan…. Amin!!!

  40. Bai Fang li, Real Hero.

  41. Thk’s bt org yg mengetik n org mengirim kisah di atas…. Sangat bermanfaat bagi saya. Saya tdk bs bicara apa2… Sy harus belajar dr Bai Fang Li…(Bai Fang Li sangat2 kaya, bagimana dengan org2 yg tukang koropsi? kaya ga sih?)
    Tmn2 bantu kirimin ke semua tmn2 anda….biar teman2 kita tahu kaya bukan cuma byk uang… Tp hrs kaya di Hati juga…
    GBU

  42. Luar biasa pengorbananya,n patut ditiru.

  43. Cerita di atas semoga bisa menjadi contoj bagi kita semua untuk tidak sekedar bercara tetapi langsung bertindak walau sekecil apapun

  44. Sangat menyentuh… Seperti cermin yg menunjukkan keburukan kita… Semoga kemuliaan hati seperti itu dimiliki mereka yg mengaku dirinya soleh…, rajin beribadah…

  45. Sosok pak Bai Fang Li,adalah contoh hamba Tuhan yg benar2 melepaskan hak2nya.Dia melaksanakan ibadah abadinya dengan benar.Sebuah kisah pelayanan yg patut dicontoh.
    Hormat tinggi buat Mr.Bai Fang Li

  46. Wow.. nice story.. :)
    please visit my blog back & read the article. :)
    Thanks.

  47. Jangan memntut balasan apbla qt mau membri,membantu orang….tp brkanlah itu dgn iklas!!!
    Ambel contoh sma bai fang li,& BAI FANG LI super hero..

  48. Biasa aje,sante aje kale..ga usa lebay
    Banyak kok yg lebih hebat dari bang bing bong

  49. My HERO, My Man, Mr.BAI FANG LI….!!!

  50. Sangat mulia dan penuh kasih smoga allah memberikan ke iklhasan untuk menjadikannya bagian dari sorgamu ya Allah, kerja keras, keiklhasan dan kemulian tidak selalu di mulai dari kecukupan materi tetapi dari hati yang terdalam

  51. Luar biasa! Pasti dia skrg sudah bahagia di surga

  52. Luar biasa! Pasti Bai Fang Li skrg sudah bahagia di surga

  53. alpin luther kana | Reply

    Beliau (Bai Fang Li) miskin di dunia tapi beliau sangat kaya di surga karena memiliki kasih dari hati yg sangat mulia.

  54. When I go to heaven, I want to ask Jesus to see him.

  55. Terima kasih kakek, semoga allah memberikan_mu surga firdaus, semoga allah memberikan_mu bahagia yg kekal di surga, ceritamu begitu menya2t hati q…!!! Kau benar2 mulia kek…!!! Semoga bisa menjadikan inspirasi buat kita semua khususx q pribadi…!! Sekali lagi terima kasih kakek.

  56. Cerita yang hebat saya juga harus bisa menolong sesama, ayo teman2 kita mulai membantu seperti bai fang li lakukan

  57. Aduuuh Tuhan..aq gk kebayang andai aq di posisinya..tggal sendirian..di sisa hidupnya dmn dy sdh gk sanggup kerja.. Apakah ada org yg peduli dgnya? Aq hanya yakin Tuhan tdk biarkan dy meninggal dlm kelaparan..selamat jalan kakek Bai Fang Li..aduuuhh crt ini bikin miris hatiku..kata2 ini tdk ckp utk melukiskan penghargaanku utknya..

  58. Hendra p marang | Reply

    Semoga qt semua di dunia ini dpt seperti beliau dalam suka maupun duka. Jbu

  59. Aq hanya yakin Tuhan tdk biarkan dy meninggal dlm kelaparan..selamat jalan kakek Bai Fang Li..aduuuhh crt ini bikin miris hatiku..kata2 ini tdk ckp utk melukiskan penghargaanku utknya.

  60. Salut bangett sama kakek Bai Fang Li… Hatinya sangat mulia.. Perbuatannya patut utk diteladani…
    Bisa memberi walau berkekurangan..
    Memberi dgn tulus kpd anak2 yg bkn anak kandungnya.. Melakukan pekerjaannya dgn sukacita, tanpa bersungut2. Stp hari, stp waktu tetap tekun bekerja dlm cuaca apapun… Kepanasan, Keujanan bahkan ttp bekerja pd saat salju..
    Sedangkan kebanyakan dr kita termasuk saya…
    Kerja cape sdkt aja sdh bersungut2..
    Hidup berkecukupan juga msh merasa kurang..
    Sangat tertegur & mrs malu..
    Thank’s 4 nice story, mulai skrg sdkt demi sdkt mau belajar dr kakek Bai Fang Li mgn Kasih, Sukacita, Tekun & selalu bersyukur…

  61. Cerita mengharukan. Pengorbanan besar seorang Bai Fang Li dalm kesusahan bisa menolong orang lain yg lebih susah. Kisah orang yang miskin harta tapi kaya hati. Benar benar luar biasa Bai Fang Li. Salut saya buat Bai Fang Lie

  62. Sungguh Real Story yang sangat menyentuh hati,Semoga Semangatnya yang gigih dalam menolong sesama manusia menjadikan cambuk dan motivasi untuk kita agar melihat lebih dalam makna kehidupan yang sesungguhnya.
    Selamat Jalan Mr.Bai Fang Li,GBU

  63. Thanks buat org yg sdh memuat kisah ini, Gbu.. Berdoa utk beliau {Bai Fang Lie} dialah org yg empunya kerajaan, krn beliau sdh melakukan apa yg menjadi keinginan Tuhan, Tuhan tdk melihat brp byk uang yg kt punya, dan seberapa seringnya kt beribadah, tp Tuhan melihat Hati,Kasih Allah ada dlm hidup Bai fang Lie,kt pun mampu melakukan sperti apa yg BFL lakukan jika kt hidup didlm kasih Allah, maka kasih itu akan mengalir keluar dgn sendirinya tanpa kita sadari dan kpd siapa pun yg kita jumpai, Amin

  64. Cerita ini adalah pelajaran berharga bg sy bahwa di saat kita kekurangan belajar lah utk memberi krn pasti itu adalah tabungan buat nanti ketika kt tiada’upah mu besar di sorga’

  65. Bai Fang Li, Hanyalah salah satu ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa dan menjadikan Inspirasi bagi manusia yang hidup didunia ini.

    Apa yang dilakukan Bai Fang Li kepada sebagian insan manusia, sesungguhnya telah tertulis dalam Kitab dan ajaran-ajaran yang selama ini kita baca dan mungkin kita pahami.

    Bahwa Tuhan menciptakan 2 (dua) Hal penting yang harus kita lakukan selama menjalani kehidupan, dua hal tersebut adalah : Bersyukur dengan apa yang kita terima tanpa sedikitpun mengeluh dan Memberi dengan keikhlasan yang Tulus tanpa pamrih.

    Makna pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah Bai Fang Li
    Adalah: Dekat diri dengan Tuhan dan selalu mengamalkan ajarannya.
    Mulailah saling mengasihi dan peduli sesama, bantulah mereka yang sedang berjuang dalam kehidupan sesuai kemampuan kita, mulailah dari orang yang ada disekitar kita.

    SELAMAT JALAN BAI FANG LI semoga kisahmu dapat menginspirasi para penguasa dan pejabat yang lupa dan mengingatkannya bahwa masih banyak rakyatnya yang hidup dibawah garis kemiskinan.

  66. Begitu tegar dan mulia jiwa serta hatinya,Dia telah Duduk Tenang diAlam Nirwana yg tanpa Drita,Kemenangannya melewati cobaan Dunia telah selesai dia jalankan.selamat jalan Bai Fang li semoga ke 3 anak asuh mu Berhasil & pya jiwa serta hati seperti mu.Tuhan Budha telah menjagamu.

  67. Pertama baca she, biasa aja.. Pas terakhir2, ga terasa air mata udh lewat dipipi…
    Saluutt! Kasih inspirasi bgt. ‎​​ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́†♓‪☆♌k γ☺µː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́. GBU.

  68. Great…
    Keteladanan hidup yang luar biasa
    Thanks for sharring
    God bless you

  69. Sungguh besar dan mulia kasih mu yg telah kau berikan ke pada umat manuasia, walau dirimu pun kekurangan, tp engakau pasti akan menjadi orang yg super kaya di sana…. Amin

  70. Terima kasih YESUS.sungguh karya-MU luar biasa.haleluya…….amen.

  71. Pribadi Ɣªйg sngat jarang sx aplg d indonesia

  72. Wah luat biasa. Saya sangat tersentuh. Beliau orang patut dihormati dan dihargai.

  73. JUST ONE WORD “BEST PERSON” THATS IT

  74. Verry nice story.. Krn harta didunia tidak ada artinya.. Hanya titipan saja sementara..

  75. Sangat menyentuh, menampar hati saya untuk memberi walau didalam kekurangan.
    Terima Kasih ceritanya.
    Selamat Jalan Bai Fang Li..

  76. Luar biasa..
    Ak harus mencontoh dariny..

  77. Two thumbs,smoga menjadi inspirasi buat semua orang

  78. Cerita ini sangat menyentuh hatiku. Dia memberi saat kekurangan, bahkan orang yg berkelimpahanpun tidak akan bisa melakukuan seperti dia.

  79. Luar biasa+++ masih ada orang seperti Bai Fang Li di dunia ini. Saya dan kita semua yg kadang BO CHENG LI harus belajar dari BAI FANG LI.

  80. Dahsyat n Luar Biasa Mr.Bai! Kisah hidupmu merupakan kesaksian yg benar2 hidup dlam sanubariku. Pribadi Kristus sgh tercermin dlm mu.Saya akan belajar dari keteladanmu.You’re the real Hero. I’m proud of you.
    Utk semua yg sdh baca,Mari qt belajar n berjuang seperti Mr.Bai k?
    Mr.Bai benar2 org yg paling Kaya!
    Tetap Semangat! GBu

  81. samuel st padan | Reply

    “Iman tanpa perbuatan adalah mati” – Bang Fai Li : telah melakuknnya. Mewujudkan imannya dlm perbuatan2 baik. OOOh Lord … Ampuni kami…ajar kami utk mewujudkan iman kami kedlam perbuatan2 yg menyenangkan dan memuliakan ENGKaU… Amen

  82. Apa masih adakah orang2 sprti itu di dunia skrang ni y smoga sj mati satu tumbuh 1000 maka dunia nie bakal penuh dng cinta n kedamaian tp rasax tdk mungkinnnnnnn,,, klo satu diantra 1000 mungkin aj pissss

  83. Bai Fang Li pandai sekali memuliakan dirinya. Sekarang mungkin beliau sudah hidup senang dan tetanggaan dgn para malaikat dan orang2 kudus lainnya. Kita semua juga bisa seperti beliau kalau mau. Buat yg belum kaya, harta masih sedikit, cepat tirulah ini sebelum harta kita makin banyak. Kalau harta banyak biasanya makin susah utk mencontoh yg spt ini walaupun hati kecilnya mau..(ky gw, smg gw bs berubah .. :-(

  84. Such a touchy & amazing fact of Life…
    Itu pilihan hidup yang telah beliau sumbangkan…Semoga beliau damai di-sisi Tuhan… Amin.

  85. sugiartin liman hadi | Reply

    Salut untuk Bai Fang Li.. Di jaman ini msh ada org yg berhati mulia seperti beliau. Yg menjadi terang bagi sekitarnya.. Dan memberi di dlm kekurangannya..Semoga melalui cerita ini bnyk ditumbuhkan belas kasih di setiap hati kita msg-msg..

  86. Amazing…btapa mulia ªª yg tlh dlkukan oleh bai fang li,dear bai .. Blh y ªĸ smpan fotomu,biar bsa jd inspirasiku stiap saat , krn bgtu brt untuk brbuat sprtimu..dtngh kondisi khdpan ♏u ,2 tumbs up 4u,my pray’s always 4 u

  87. mikael tan haryanto | Reply

    Real hero… Salah satu malaikat nyata dalam kehidupan ini… I believe that God will taking him to His Kingdom oh Heaven…

  88. Terima kasih untuk artikel yang sangat menggugah perasaan, semoga semakin banyak orang yang terinspirasi mengikuti teladan yang yang telah diberikan oleh Bai Fang Li.

  89. Mangtab Gan…….

    TERUSKAN !!!

  90. Susah menemukan manusia seperti kakek ini. Ini menjadi inspirasi betapa kita harus bersyukur apa yg telah kita miliki dan Tuhan beri.. Kaya harta tiada arti klo gak dimanfaatkan utk hal2 baik… Miskin harta tapi kaya hati.. Penuh kasih…. Tuhan Allah pasti akan memberikan kebahagiaan di sorga…..

  91. Ooo My God…I must change to be more generous like Bang Fang Li and be more thankful of what God has given me…

  92. Amazing saya sangat salut,hebat tiada kata yg bisa saya ucapkan cuman bisa merasa malu melihat diri sendiri yg egois
    Nice story moga jd inspirasi bg kt semua
    Bai fang li is the best

  93. chiuna ( milana mayasari ) | Reply

    Sungguh mulia hati kakek ini,wlpn sudah tua n kekurangan tp tak mengeluh sedikitpun,malah tetap semangat n terus memberi.mari kita belajar dari kakek ini.belajar memberi n terus memberi.

  94. Sangat sangat & sangat mengharukan

  95. hiks… Huhuhu… Sedih,terharu, n bahagia sekali stlh membacanya. Air mata kebahagiaan yg saya teteskan… Terima kasih TUHAN

  96. hati yg penuh belas kasih…

  97. Tuhan telah menyongsongnya dalam kemulianNya..Tuhan pasti menerimanNya dng penuh kasih. Selamat jalan Bai Fang Li, semoga kisah hidup menyadarkan kita akan pentingnya hidup memberi dari semua kekurangan kita dengan ikhlas hati, krn akan besar upah kita disurga.

  98. agung trinugroho | Reply

    So touch…sangat menginspirasi untuk berbuat yg lebih banyak buat sesama..so long bai fang li

  99. Anastasia A. R. | Reply

    Semoga teladan hidupnya menjadi contoh nyata dalam hidup kita…
    karna inilah jalan menuju kesurga… menjadi berkat bagi orang lain, saling mengasihi…
    Tuhan memberkati kita semua..

  100. Indah nya berbagi.. Semoga dengan kisah menakjubkan dapat membuka hati semua manusia yang membacanya dan dapat mengikuti jejaknya.. Amin!

  101. give me tears,, tulisan yang benar2 menyentuh,,thanks udh di share disini yah

  102. Gak bisa kasih komentar apa2, selain malu! Malu karena belum bisa kayak kong Bai.
    Gue cuman mikirin diri sendiri dan keluarga sendiri, gak pernah perduli ama orang laen.

  103. Allah huakkabar…Pagi smp mlm ak kerja”smoga bs kutiru bai fi ling”!!
    Amin ya allah

  104. No comment…!!!!!!!!!!
    PANGERAN BIJAKSANA……HEBAT 1000%

  105. memang luar biasa hati yg begitu tulus menberi kt harus semua hrs begitu juga. Punya hati utk menberi. Thanks /Gbu

  106. hebattttt
    pak BAI bisa dinobatkan sbg org terkaya didunia

  107. Kita hanya bisa komentar..tp tdk ada yg bisa seperti dia..

  108. amazing…..

  109. Tetap berkarya walaupun papa
    Sebuah teladan buat kita semua!!!!

  110. Subhanallah,,,,,

  111. Terharu baca ceriteranya.. Menyentuh sekali…

  112. Tidak ada hal yg tdk mungkin dilakukan, semua tgantung niat π kemauan .. Very inspiring story , ♧ǤǑĐ:)ƁĹ€ŠŠ:)ЎÖŮ♧ Bai Fang Ling ..

  113. hati yg mulia……keikhlasan yang luar biasa……

  114. Dasyattt, cerita hidup yg mengagumkan…benar2 telada hidup.

  115. Sungguh mulia hati mu tuan bai fang li. Semoga arwah mu ditrima disisinya đăň ditempatkan ditempat yg selayaknya. Mungkin smp saat ini blum pernah saya jumpai atau membaca berita yg mengharukan. Selamat jalan tuan yg baik hati

  116. Luar biasa cerita ini.. Mengingatkan saya bahwa kita perlu membantu org lain yang membutuhkan tanpa pamrih, dan hidup jgn berlebihan..
    Trims udah d share menyentuh sekali cerita ini…

  117. Memberi bukan Berarti Mengasihi..TETAPI Jika kita Mengasihi maka kita akan memberi..(Apapun yg kita punya pasti kita akan berbagi untuk orang2 yg kita Kasihi) jd dasar dari semua itu adalah KASIH..dan siapa yg memeliki KASIH maka di dalam hidupnya ada TUHAN

  118. “Kasih yg Tak terbatas”
    Sangat menyentuh hati…
    Menjadi Inspirasi in my life..Smoga Bai Fang li mndapat tempat yg indah di sisiNYA..Jesus Love U Bai Fang..

  119. Sungguh luar biasa Bpk. Bai Fang li, engkau adalah jelmaan Bodhisatva ke dunia yg penuh keserakahan & keegoisan. Kenapa ada begitu byk org yg demi mencari uang atau memperkayakan dirinya menghalalkan segala cara. Bpk. Bai fang Li terima kasih engkau telah memberi makna kehidupan kepada saya, kasih engkau maha besar Bpk. Bai, izinkan diriku bersujud padamu.

  120. great Story….

  121. Saya menjadi malu , malu sekali… Makasih bgt buat yg nulis dan sebarkan ini..
    Semoga kita semua bisa menjadi seperti beliau…

  122. calon penghuni syurga, insya 4JJ…!

  123. Inilah kebajikan yang patut kita contoh, begitu besar kebajikan yg dilakukan kakek Bai Fang Li, sebagai bekal menuju kehidupan yang lebih baik. Semoga Kakek Bai Fang Li terlahir dialam alam bahagia.

  124. Sgt2 menyentuh..tdk bs dinilai dg apapun pelajaran ini..hrs dicntoh n dilakukan!

  125. Thank you sudah share cerita ini.. Inilah bukti nyata dari sebuah kasih…
    Minta ijin share, ya

  126. gan, saya numpang copy paste ke milis tempat saya nongkrong gan… moga2 bisa memberi inspirasi untuk kita semua…
    thx!

  127. Ada mother theresa, ada bai fung lie.. Menjadi terang dan garam buat Dunia ini… Sampai semua org dapat merasa kasih Tuhan

  128. Terima kasih sharingnya….
    Sungguh LUAR BIASA!! Kasihnya tak bersyarat. Kita hanya menyumbang sedikit itu saja kadang tidak rutin & terkadang masih berpikir2 & seringkali mendahulukan kepentingan sendiri.
    Cerita ini sungguh sangat menginspirasi… mari kita budayakan membantu saudara kita yang kekurangan dengan hati ikhlas & rutin, tidak hanya pada perayaan hari besar agama saja. GBU all…. Tuhan maha kasih…

  129. Subhanallah, smw orang yg membaca pasti terharu dan kagum. Knapa kita yg hidup lebih baik, tp tidak berbuat spt itu.
    Jadikan ini inspirasi untuk lebih care kpd sesama.

  130. Kisah ini akan jd inspirasi dn
    Dan teguran bwt siapapun yg baca..
    Yg terpenting adalah bagaimana
    Belajat melakukan ap yg sdh di
    Lakukan oleh beliau (bai fang li )
    Memang tdk mudah bhkn sulit tp
    Asal kt berusaha dn mnta kekuatan dr
    TUHAN YESUS tdk ad yg mustahil kt
    Pun bs melakukanny.. Finally bwt
    Mr. Bai fang li congratulation bapak
    Sdh mnjdi inspirator bwt bnyk org yg
    Tdk hanya teori tp bnr2 melakukanny dn
    Sy yakin SURGA adlh tmpt yg layak bagi
    Bapak.. Hormat dn rasa kagum sy menyertai
    Bapak.. GBU..

  131. Congrats untk bapak bai fang li
    Yg sdh menjadi inspirasi bwt
    Bnyk org.. Surga adalah tmpt
    Yg layak bwt bapak..
    Smga kisah ini tdk hanya mnjdi
    Inspirasi tp jg yg trpntng dpt
    Kt contoh dn lakukan.. GBU

  132. Like it so much! Patut di contoh.. *nangis*

  133. Cerita yg membangunkan kita sebagai makluk sosial, dan membuka celah dalam kegemerlapan duniawi, sungguh mengusik dan menangiskan kita menjadi ciptaanNya.. Bahwa masih ada maklukNya yg bisa mengerti orang disekelilingnya..
    Trims atas seringnya, semoga kita disana menggambil kehikmatannya

  134. TUHAN telah menyediakan tempat yg indah untukmu, GBU

  135. Yeah..meski dia miskin,tp dia msh ingat ada yg lbh miskin lg dr dia.sy percaya,tuhan pasti telah memberikan tempat yg terbaik di surga sana.amin.

  136. :( (-̩̩̩-͡ ̗–̩̩̩͡) …huhu.. …
    Hebat bngt… pngn punya hati kayak dia… Нüυẃƒƒº°˚˚°º»

  137. His a man on a mission.. His mission is to love other… I hope I can be like him… Clear and Sincere in my mission…

  138. Contoh sikap hidup yang sangat patut kita semua lakukan u/org lain

  139. Kisah ŷαης luar biasa. Hanya orang ŷαης mempunyai jiwa ŷαης besar ŷαης dapat melakukannya. Orang ŷαης tidak mementingkan dirinya sendiri.

  140. Hati nya mmg sangat mulia dimata manusia.. Mudah2an ktulusan nya sampai dg dmata Tuhan nya krn sesungguhnya ikhlas itu cm Allah yang Maha Mengetahui. Dan semoga beliau tdk hanya melakukan amalan duniawinya saja yg bagus tp jg telah ckp mengumpulkan pahala ibadah dg Tuhan nya/akherat (rajin beribadah mengahdap Tuhan,meninggalkan larangan2 Tuhan,dll) shg bs mendptkan syurga yg didambakan di akherat kelak. Amin

  141. Luar biasa, saya akan belajar ikut sifat beliau yang sangat mulia.

  142. Woow,SALUT to” THE GREATMAN IN THE WORLD”

  143. Ini membuka mata dan pikiran kita utk lebih menjadi manusia yg berarti bagi sesama. Bukan hanya memikirkan kepentingan kita sendiri. Memberi dalam kekurangan benar-benar sangat luar biasa. Bagi anak yatim, dia adalah penolong yg merupakan jelmaan Tuhan Yesus.

  144. Kebajikan akan memperoleh hikmah yang sungguh luar biasa. Tak ada satupun yang dapat mengalahkan Kewelas asihan yang timbul dalam hati Kebajikan. Mari kita sama-sama menumbuhkan rasa welas asih ke sesama. Kebajikan akan tumbuh benih kebajikan pula.

  145. No comment! terlalu indah untuk di gambarkan. Contoh nyata perngorbanan Yesus pada saat sebelum di salib. Dengan memanggul salib, Dia masih mendoakan org org yg memukulinya demi dosa kita semua. Marilah kita contoh Bai Fang Li…

  146. S’LAMAT JALAN TUANKU BAI FANG LI,,,
    PINTU SURGA AKAN MENYAMBUT KEDATANGAN PAHLAWAN DUNIAWI TANPA JASA !
    SEMOGA BERISTIRAHAT DENGAN TENANG TANPA MENGAYUH LAGI !!!

  147. Sungguh luar biasa kehidupanny,perlu diteladani pribadi yg spt ini,jaman skrg banyak org yg hanya memikirkn diri sndr aja, sungguh manusia berhati emas

  148. Sy sangaaat terharu s’kali membaca tema dr bapak baifang li n sy cuma bisa b’doa aja
    untk bapk bai.. S’moga bpk bai hidup tenang d surga n sy yakin bpk bai past sangt senng d surga..amin3

  149. Teladan hidup yg sangat luar biasa. Di dlm kekurangannya dia mempunyai hati KASIH utk memberi pertolongan anak2 Yatim Piatu.

    Rest In Peace ya Kek Bai Fang Li, Surga pasti menanti disana….

  150. an inspiring story… everyone can be a hero, this kind hearted granpa is a real hero.

  151. Apapun juga yang kamu perbuat,perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia..
    Mr bang fang li telah mengambil bagian yang terpenting dlm hidupnya,
    Yaitu ia memberi dengan sepenuh hatinya tanpa mengharapkan imbalan apapun..Be bless like him

  152. Sungguh tulus hatinya, mampu memberi diatas penderitaan yg dia jalani, sungguh mulia pengorbanannya, seperti kasih Yesus buat kita. Smoga Tuhan membalas semua yg sudah dia berikan dlm hidupnya dan semoga kita yg sudah membaca kisah ini mau berubah tuk bisa lebih mengerti arti sebuah kasih yg sesungguhnya. Tuhan Memberkati.

  153. Salut(y) <3 O:) (*) nice story, mungkin Cuman ada satu yg lebih dr Bai fang Li yg memberi dgn kekurangannya, Tapi Dia yg sangat kaya n empunya segala kuasa mau hidup papa, lahir di kandang domba, Kita yg bersalah Dia yg menanggung hukuman yg seharusnya kita tanggung, Dia tdk bersalah sedikitpun, tapi harus mati bagi kita dg menerima cambukan, dipaku pada kayu salip, utk menebus dosa2 mu n aku, YESUS love u n me.

  154. Msh ada kah skrang mnsia spertI itu

  155. Dia g punya anak bini gan,cuma sebatang kara,jadi agak”wajar”kalo disisa hidupnya cuma buat orang lain,
    Lah kita?
    Banyak kebutuhan gan.
    Tapi bolehlah diambil sifat kedermawanannya..
    Di zaman kekhalifahan Islam banyak koq yg lebih dahsyat ceritanya,

  156. sangat pantas masuk surga….amin

  157. One of the best among..
    Really touching..sallute!!

  158. Sungguh mulia..

  159. Suatu Cinta Kasih yg tulus murni….,Mungkin Kita hanya bisa terharu,tersentuh,terkagum-kagum…,Tapi apakah Kita berani belajar melakukannya dalam kehidupan kita..???Tuhan Memberkati Bai Fang Li..!!!

  160. evan eka nugraha | Reply

    Sungguh luar biasa, tidak bisa ngomong lagi deh sungguh hati yang penuh kasih dan pengorbanan yang luar biasa.
    Semoga menjadi inspirasi bagi kita semua agar kita selalu bersyukur dengan apa yg ada dan belajar untuk memberi kepada sesama yg membutuhkan.

  161. Sungguh pribadi yang luar biasa bai fang li seorang yang hidup dalam serba kekurangan mampu untuk memberi kasih yang sangat besar kepada anak anak yang miskin,, terima kasih telah menegor kami, walau kami hidup dalam kecukupan dan kelimpahan tapi kami kadang egois dan hanya memikirkan perut kami saja,, semoga kisah mu ini dapat mengubah kami yang egois menjadi murah hati sepertimu.. Aku berkata kepadamu wahai Bai Fang Li sesungguh nya upah mu sangat besar disurga.. Rest in peace

  162. Bisakah kita seperti baifang li di jaman sekarang ini

  163. michelle cullen | Reply

    Tuhan memberkati bpk Bai fang Li.., I LuV u.. Xoxo

  164. nice story … and i am so blessed….
    extra ordinary man with an extraordinary heart…

    saya percaya, hidupnya telah mengubah banyak kehidupan anak-anak..
    dia memberikan masa depan bagi mereka..

  165. at the end, only silence remain and people bow in front of you

  166. Sangat memberi inspirasi bagi siapa saja. Disaat kita selalu merasa serba kekurangan dibandingkan dgn org yg lebih dr kita, Beliau justru sengaja membiarkan kekurangannya tak tertutupi, demi menutupi kekurangan org lain-yg menurutnya lebih berhak.
    Pelajaran dr Beliau utk kt semua: “Memberi dari kekurangan, bukan dr kelebihan”.

  167. Puji Tuhan,, masih ada orang yg sebaik Bang Fai Li yg mau berkorban utk org lain dgn sepenuh hati,, kau mmg miskin di dunia bahkan mati dlm kondisi miskin tapi upahmu besar di sorga Bang Fai Li,, kau menjadi saluran berkat bagi orang lain.. Bapa,, Jesus Christ Engkau maha dasyat,, God bless..

  168. Gw bs kyk gt ga ya??
    Sades ni org tua ,ckck

  169. Mau tunggu apa lagi, hidup sangat singkat.. Saatnya melanjutkan apa yg telah ia lakukan sepanjang hidupnya…

  170. Berikan sedikit yg qta punya krn itu kan buat qta mnjd kaya..

  171. Subhanallah…betapa mulia hatinya…ini jd mengingatkan kt utk tidak melihat keatas terus, tp dgn melihat kebawah kita akan menemukan kebahagiaan yg lbh mulia artinya…semoga kt sama2 dpt melakukan kebaikan, walau sedikit demi sedikit, tp sangat besar artinya, seperti yg ba fang li lakukan :) tetap semangat wahai sahabat

  172. Tuan Bai Fang Li, adalah manusia penuh welas asih. Dari Beliau saya banyak belajar: 1. Tuan Bai punya tujuab hidup, untuk menjadi berarti dan berguna. 2. Beliau tidak miskin, tetapi super kaya. Kita tidak miskin selama kita (masih) punya sesuatu yang (bisa) kita berikan untuk orang lain. Betapa banyak orang yang berlebih, tetapi tidak bersedia berbagi dengan sesama. Sesungguhnya, mereka-lah orang yang miskin. 3. Tuan Bai Fang Li mengajarkan kita semua, kerja adalah Cinta yang bermanifestasi. Sungguh Tuan Bai adalah Guru yang Agung. Beliau tidak lagi hanya menjadi seorang panutan, Beliau menginspirasi orang banyak. Akhir kata, Semoga Tuan Bai Fang Li terlahir di Alam Bahagia. Sadhu 3x.

  173. mari berhitung : beliau menyumbang 455 juta selama 20 tahun.
    maka untuk 1 tahunnya dia menyumbang 22.75 juta, atau dalam 1 bulan 1.89 juta.

    berapakan gaji tukang becak tersebut dalam 1 hari..?

  174. Assalam,
    Buat para pembaca yg budiman… Cerita ini sudah pasti membuat kita tergugah.
    So, awali mulai dari sekarang untuk lebih perduli terhadap lingkungan sekitar, coba bantu mereka, minimal titipkan do’a buat mereka yang membutuhkannya.
    Terima kasih atas perhatiannya.

  175. Kisah hidup yg luar biasa, menyentuh dan menggerakkan hati kita untuk berbagi kpd yg membutuhkan. Tuhan memberkati.

  176. Sungguh seorang pribadi yang sangat mulia.cerita ini mengingatkan kita agar membantu sesama

  177. anggie @JustOnlyGie | Reply

    Nangis.. Huks.. Aq baca cerita ini di tempat umum,
    Gak kerasa air mata jatuh, huks.. (-̩̩̩-͡ ̗–̩̩̩͡ )

  178. Tidak ada yang dapat kukatakan , aku sungguh malu , saat aku slalu mengeluh kekurangan , padahal masih banyak yang lebih menderita dari aku

  179. Just reminds me to keep look “down”.. I will keep pay it forward like u did sir… Love to read n know you Now sir.. T.T u are rich in nibbana for sure ,sir!!…

  180. Gk da hal yg paling bahagia selain melihat orang yg dlm keadaan kesusahan bisa kita banntu dan tolong
    Semoga ini smua memberi inspirasi kpd kt smua

  181. Org semiskin aja bisa membantu org yg lebih miskin…apalagi dgn org yg kaya…terutama pejabat2 negara indonesia…betapa baiknya kl mrk bisa memikirkan rakyat indonesia yg masi miskin…buat apa kita cm menikmati didunia tp akhirnya masuk negara..seandainya bisa membantu yg miskin oun gk ampe hidup sengsara tp ttp hidup mewah dan dapat pahala pula…buat tmn2 yg punya uang lebih mari kita sisihkan sedikit berkat kita buat sesama kita yg lg susah…Tuhan berkati indonesia…

  182. Luaaar biasa…….,sudah bnyk contoh manusia yg sangat luar biasa spt DIA!dan sdh saatnya para pejabat bercemin!!!rela berkorban demi rakyatnya!bukannya mengorbankan rakyat untuk dirinya…..!!!!

  183. Kakek bai fang li…
    Kamu telah lulus ujian didunia ini…
    Sekarang giliran sapa lagi yang bakal lulus ujian?????

  184. 1 ungkapan saja ‘Terpujilah wahai Engkau Bai Fang li…kebahagiaan abadi kan senantiasa menyertaimu…selalu… Btlah kami” yg msh disini u/jd sptMu…bkn dr hny kata” saja melainkan dari perbuatan & tindakan… Terima Kasih ya Tuhan…

  185. Henny Rachmawati | Reply

    Sangat mengharukan,, kita merasa malu,,1001 org seperti beliau,, semoga arwah diterima disisinya ‎​​♡☀Å♏έN☀♡ semua jaminan pintu surga baginya,, itu pelajaran yg paling berharga dan patut dicontoh.

  186. Cerita ini buat aq termotivasi untuk buat aq bisa bangkit dari keterpurukan ku selama ini…
    Bahwa tidak selamanya kekurangan financial buat kita tidak bisa bahagia…
    BAHAGIA HANYA ADA PADA CARA BERFIKIR KITA…
    Thx god….

  187. Ya Tuhan terimalah kakek ini berada disisimu dan biarkanlah ia merasakan kenikmatan dan keindahan sorgaMu atas apa yg ia perbuat selama ini di dunia. Amin..

  188. Tanti Setiawati P | Reply

    Begitu mulia hatimu,saya Yakin sekarang kau sudah bersama Tuhan disurga karena engkau dikenal oleh Nya.Terima kasih atas pengorbananmu,sehingga memberikan contoh untuk kita yang masih hidup.

  189. Seandainya pemimpin negara ini seperti
    Bpk Bai Fang Li..mgkn rkyat kita gk akan ada
    Lg yg kelaparan..mending study banding nya ke
    Makam Bpk Bai Fang Li aja..biar para wkil rkyat
    Kita bisa meniru semua kebaikan Bpk Bai Fang Li..

  190. Selamat jalan Mr. Bai Fang Li.. Salute buat yg menulis cerita ini, semoga pemimpin2 kita membaca cerita ini dan sadar akan rakyat kecil. Dan untuk kita semua patut mencontoh Kisah ini sehingga kedamaian akan tercipta.. BBU

  191. si anak kecilnya yg pertama menginspirasikan bang Fang Li,
    masih ada ternyata orang2 yang masih berhati besar dan memikirkan orang lain meskipun dia sendiri kekurangan… semoga bisa jadi inspirasi juga buat mereka2 yang memang masih mampu dan berkecukupan untuk bisa saling membantu sesamanya ;)

  192. Sungguh hati ya mulia…walau dia miskin tapi bisa membantu yg lebih miskin dari dia…ini adalah teguran yg sangat pedih bagi orang kaya yg cuek dgn lingkunganya…orang miskin aja msh bisa berbagi…apalagi kita yg punya penghasilan…slamat jl bang fang li…jasa mu tak akan d lupakan

  193. Bang fai ling sudah tiada. Tp kisahnya akan selalu ada. Semoga nilai sosialnya diterima Tuhan, seperti diterima anak2 yatim dengan bahagia.

  194. salut atas semangat Bai Fang Li, inspiring story!

  195. Sungguh luar biasa hatiMU BAi FANG LI,engkau adlh mnsa yg berhati malaikat yg rela menggorbankan dirimu sndr hny utk membntu org lain mskpun sma skle engkau tdk mengenal mrk.selamat jln MR.BAI FANG LI SURGAWI tlh menunggu kdtgan mu,ini adlh pljran yg sgt berhrg bt kt smua.smg kt jg bs mencth ap yg tlh dlkkan beliau.

  196. Tidak perduli surga atau neraka, tidak perduli pintar atau bodoh,
    Tidak perduli terhormat atau terhina
    Tidak perduli cerita atau inspirasi

    Yg jadi pertanyaan siapa selanjutnya yang mengikuti jalannya???.

    Dgn ijin tuhan, mudah2an akan melakukan.

  197. Semua kata2 haru,trennyuh,ikut sedih,bangga dan berbagai pujian buat kakek Bai Fang Li telah terucap oleh banyak rekan2 diatas begitulah perasaan ku semoga cinta dan kasihnya dapat kita tiru dan lakukan kepada sesama terima kasih kakek dan selamat berbahagia diSurga

  198. Allah SWT tidak melihat berapa banyak yang kita berikan bantuan kpd orang lain, tapi KEIKHLASAN dlm memberikan bantuan kpd orang lain. Suatu contoh prilaku yg patut ditiru ditengan kepongahan manusia saat ini.

  199. Great man ever exist. Mari kita teruskan semangatnya dengan mulai memberi meskipun kecil jumlahnya

  200. Semoga bs menjadi inspirasi buat semuanya..
    Ijin share ya…

  201. Cerita yang sangat menyentuh, semoga kita bisa mengikuti jejaknya, yang berhati mulia , melayani, dan rela berkorban untuk orang lain tanpa berpikir untuk kepentingan diri nya dahulu.

  202. Kasih Tuhan tercermin di kehidupan Bang fang li

  203. Cerita yg memberi inspirasi..memberi dalam kekurangan..tidak semua orang bisa melakukan hal spt itu..so amazing story!!!

  204. Cerita yg sangat menyentuh,semoga bs membuka mata orang2 yg selama ini terlena dalam kemewahan duniawi.amin…

  205. Seorang suci terlahir di dunia ini inilah seorang yang sangat pantas menyandang santo bai fang li andaikan orang indo ada yang seperti bai fang li ini

  206. Semoga dari cerita Beliau, ada banyak Bai Fang Li yang muncul, khususnya di Indonesia…

  207. Ceria yang apik. Bener2 mulia hati nya

  208. ini baru pahlawan….
    mantap…..

  209. Bodhisatva…..
    ……Yg Terlahir Sebagai Manusia Dan Sekarang Terlahir Di Alam Brahma

  210. Miskin di dunia tapi kaya di akhirat , surga kemuliaan tempatnya

  211. Dr kisah yg sgt mengharukan ini, kita dpt bljr apa arti dr kehidupan yg sbnr nya. memberi tanpa mengharapkan imbalan, menolong tanpa mengharapkan pahala. Semoga semua makhluk hidup berbahagia..
    Sadhu3x..

  212. Hal seperti ini tidak memandang agama, yg beliau lakukan pure act of God

  213. I like It.Saya ingin mempunyai hati seprti dia…:)

  214. Sikap yang tidak dapat mengeluarkan kata-kata tapi mampu meneteskan air mata…
    beruntunglah orang-orang yang pernah kenla dengan kakek Bai Fang Li….
    Salut….

  215. Alhamdulillah….Ya Allah aku malu sekali, sampai air mata bercucuran.

    Ternyata tidak perlu menunggu kaya untuk bisa bermanfaat bagi orang lain.

  216. INVESTASI TERBESAR BUAT KESELAMATAN JIWA! RADIKAL..MELAWAN ARUS JAMAN YANG MENGHANYUTKAN INI…

  217. berhati malaikat…good story. sampe berkaca2 bacanya

  218. semoga ia diberkati di surga sana, amin
    (terharu lihat ceritanya) :(

  219. sungguh pribadi yg luar biasa – semoga anak-anak indonesia bisa menjadikan kisah ini di dalam kehidupan .Tuhan menunggu pelayanan dari kita selamat melayani dan berbagi kepada orang lain…Tuhan memberkati

  220. memberi dalam kekurangan..upah mu sangat besar di surga…AMIN

  221. 好感動,好感人

  222. […] Bai Fang Li: Memberi dalam Kekurangan. […]

  223. kisah yang sangat menginspirasi, tentang kepedulian seseorang kepada orang lain, sekarang sudah mulai pudar kepedulian orang-orang disekitar kita :-(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: