Seperti Belajar Bahasa Asing

Kata seorang murid kepada pendatang baru di pertapaan, “saya harus memperingatkan kamu bahwa kamu tidak akan dapat memahami apa yang dikatakan oleh Sang Guru jika kamu tidak memiliki sikap batin yang tepat.”

“apa sikap batin yang tepat itu?”

“jadilah seperti seorang murid yang ingin belajar bahasa asing. kata-kata yang diucapkannya terasa tidak asing, tetapi jangan kamu terkelabui, karena artinya ternyata sama sekali lain.”

———————   Anthony de Mello – berbasa-basi sejenak 1

sudah lama sekali saya tidak membuka buku “berbasa-basi sejenak”, karena terkadang saya tidak mengerti apa yang dikatakan Sang Guru dalam buku ini. namun pagi ini, saya membuka kembali buku usang ini. dan tetap … saya tidak mengerti secara pasti apa yang dikatakannya pada cerita pertama di atas …

interpretasi saya tentang cerita di atas adalah: bagaimana suatu peristiwa/masalah/fenomena bisa memiliki banyak arti tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. kita harus membuka hati dan pikiran kita lebar-lebar untuk dapat mengerti suatu peristiwa dengan lengkap. ketika kita ingin menguasai “bahasa” lain, janganlah kita hanya terpatok pada satu “bahasa”. kita harus mau terus belajar sesuatu yang baru pada “bahasa” lain yang ingin dikuasai.

entah tepat atau tidak interpretasi saya terhadap cerita di atas. namun, saya dicerahkan bahwa keberagaman interpretasi kita semua terhadap cerita di atas adalah suatu kekayaan sehingga kita bisa terus belajar sesuatu yang baru pada suatu objek yang sama.

ayo, terus belajar!

Leave a Reply

