5 cm

5 cm merupakan sebuah novel brilian yang ditulis oleh Donny Dhirgantoro, bercerita tentang persahabatan lima anak muda yang sangat kental dan penuh warna.

Dikisahkan ada 5 anak muda yang sangat akrab dan kemana-mana selalu bersama. Suatu waktu, mereka berlima memutuskan untuk tidak bertemu dulu dalam waktu yang cukup lama hingga hari yang disepakati. Akhirnya, ketika mereka bertemu kembali, mereka saling berbagi kehidupan mereka selama berpisah dalam suatu perjalanan bersama menuju puncak Mahameru yang penuh canda tawa dan inspirasi.

Gaya penceritaan novel ini sangat dinamis, dan penuh dialog khas anak muda. Dari segi cerita, novel ini sangat menyentuh dan juga bikin ketawa. Dibumbui dengan banyak penggalan lirik lagu dan film, novel menjadi novel yang sangat cerdas dan juga terkesan melankolis.

Membaca novel ini telah membuka pikiran saya akan makna persahabatan sesungguhnya. Di samping itu, novel ini juga sarat akan penggalian makna hidup dan pengejaran impian. Membaca novel ini, saya dibawa untuk bersama-sama membayangkan keindahan ciptaan Tuhan, dimana setiap ciptaan memancarkan keBESARan dan keMULIAan Tuhan itu sendiri. Saya juga diajak untuk senantiasa bersyukur atas apa yang kita punya dan memandang sesuatu dengan cara yang berbeda.

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bisa memberikan manfaat sama orang lain

“… Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan… sehabis itu yang kamu perlu cuma…

kaki yang berjalan lebih jauh dari biasanya,

tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, …

lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja…

dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya,

serta mulut yang akan selalu berdoa..”

“Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yang hanya punya nama. … Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi-mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya.”

Novel ini wajib dibaca oleh setiap kita, baik yang masih muda maupun tua. Novel ini memberikan pemaknaan hidup yang lebih dalam bagi diri kita, sesama kita, dan juga tanah air kita. Saya membayangkan apabila generasi muda Indonesia memiliki semangat dan jiwa seperti 5 anak muda yang dikisahkan, saya optimis Indonesia akan berkembang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s