Law Abiding Citizen

Seorang engineer, Clyde Shelton, menyaksikan istri dan anak perempuannya dibunuh pada suatu malam. Setelah dua pembunuhnya tertangkap, ternyata proses peradilan yang terjadi tidak cukup adil di dalam menjatuhkan hukuman terhadap sang pembunuh. Menyaksikan ketidakadilan tersebut, Clyde tentu saja merasa sangat marah dan dendam.

10 tahun berlalu, mulai terjadi pembunuhan misterius dan sadis terhadap dua orang pembunuh anak dan istri Clyde. Clyde mengakui bahwa ia merupakan dalang dari dua peristiwa tersebut adalah dirinya karena dirinya berusaha untuk memperbaiki sistem peradilan yang tidak benar dengan caranya sendiri. Clyde pun dijebloskan ke penjara. Namun, film ini tidak berhenti di sini.  Meskipun dirinya mendekam di penjara, pembunuhan mengerikan terus terjadi kepada pihak-pihak yang terlibat proses peradilan pembunuhan anak-istrinya, termasuk hakim dan pihak advokat. Siapakah dalang semua pembunuhan tersebut? Jika memang Clyde yang melakukan, bagaimana dia melakukannya sementara dirinya mendekam di sel tahanan khusus? Dua pertanyaan ini akan terjawab secara tidak terduga di akhir film.

Film ini sangat memukau dan mengundang banyak pertanyaan. Di samping itu, film ini ingin mencoba mengatakan bahwa ketidakadilan pasti membawa kepahitan bagi yang mengalaminya. Segala sesuatu mungkin dilakukan oleh seseorang ketika dia merasa putus asa, marah dan dendam karena diperlakukan tidak adil. Sungguh suatu pesan yang sangat berharga untuk proses peradilan di negara kita yang masih carut-marut.

Sutradara: F.Gary Gray;  Starring: Jamie Foxx, Gerard Butler

One thought on “Law Abiding Citizen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s