Telah Hadir! Gubuk Audio.

Eeeit, janga salah sangka dulu. Gubuk Audio yang dibuka bukan nama toko yang menjual berbagai peralatan audio atopun mikropon. Gubuk Audio hanyalah salah satu kategori yang baru saya bikin malam ini.

Kategori ini saya bikin untuk mengulas materi-materi mengenai basic sound system yang pernah saya dapatkan. Saat ini, saya memang sedang mencoba untuk menyusun sebuah modul/diktat untuk pelatihan sound di gereja. Daripada tulisan yang saya bikin hanya beredar untuk kalangan terbatas di gereja, saya mencoba untuk berbagi dengan siapa pun di dunia maya terutama yang memerlukannya. Materi yang dimuat dalam tulisan saya berasal dari berbagai sumber, di antarnya adalah:

  1. Audio System Guide “House of Worship”. By: Tim Vear (Shure Microphone)
  2. Video “David Klein – Basic Sound System Part 1/2/3” yang dapat didownload di Youtube (property of megaswaramusic.com)
  3. Video “David Klein – Dasar-dasar menggunakan Microphone Part 1/2/3” yang juga dapat didownload di Youtube (property of megaswaramusic.com)
  4. berbagai sumber di Internet

Saya sendiri bukanlah orang yang bergerak dan berprofesi di bidang profesional audio. Saya sudah mengenal dunia audio ini dari pelayanan saya di gereja sebagai Sound Crew kurang lebih 2 tahunan dan saya tidak pernah mendapatkan pendidikan yang formal tentang sound system. Dengan pengetahuan saya yang terbatas mengenai dasar-dasar sound system, saya mencoba untuk menuliskannya dan membagikannya bagi orang-orang yang memerlukan, khususnya pemula. Jadi jika ada sedikit kesalahan atau kekeliruan dalam bahasan yang saya tulis, mohon dimaklumi.

Leave a Reply

