Berbela Rasa

Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis! (Roma 12:15)

Berbela rasa dalam praktik kehidupan sehari-hari dapat diartikan sebagai sikap empatik terhadap orang lain dan sikap mau peduli terhadap orang lain. Berbela rasa tidak selalu menuntut kita untuk bisa memberikan solusi dan jawaban atas persoalan yang orang lain ceritakan kepada kita. Berbela rasa hanya menuntut kita menggunakan telinga kita untuk mendengarkan mereka. Hanya sesederhana itu! Karena itulah hakikat manusia diberikan dua telinga dan satu mulut.

Namun, pada kenyataannya sikap ini tidak banyak dilakukan kita sebagai manusia modern ini. Kita lebih disibukkan dengan segala tujuan dan prestasi yang kita ingin capai. Waktu 24 jam yang kita miliki sehari sudah penuh untuk meladeni segala kebutuhan, keinginan dan keegoisan kita. Padahal, tanpa kita sadari kita sedang hidup bersama-sama dengan orang lain. Segala yang berhasil kita raih pun tidak dapat dilepaskan dari kontribusi orang lain. Tapi, pernahkah kita mencoba untuk memperhatikan orang-orang di sekeliling kita?

Mungkin kita melihat semua orang tersenyum, tak ada masalah terpancar dari raut muka mereka. Namun, di balik senyuman itu sangat mungkin ada masalah yang sangat besar yang tidak dapat dia tanggung sendiri. Mungkin mereka sedang menunggu ada seseorang yang mau diajak berbagi segala kesusahannya.

Sekarang mestinya kita sadar bahwa kita harus lebih peduli dengan orang-orang di sekeliling kita. Ketika mereka ingin berbagi kegembiraan, sudah selayaknya kita memberikan apresiasi. Ketika mereka ingin berbagi kesedihan, sudah selayaknya kita memberikan bahu kita untuk menangis. Caranya tidak sulit. Cukup pasang telinga dan dengarkan. Setelah itu, kita hanya perlu untuk bersukacita dengan orang yang bersukacita, dan menangis dengan orang yang menangis!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s