Sam Kok, Kisah Tiga Kerajaan

Mungkin sebagian besar dari kita sudah menonton film layar lebar Red Cliff dan juga sekuelnya. Yup. Benar sekali. Kisah yang mendasari film Red Cliff tersebut hanyalah secuil kisah yang diambil dari kisah tiga negara atau Sam Kok. Tepatnya, The Battle of Red Cliffs merupakan momen puncak dari kisah Sam Kok. Masyarakat Tionghoa menyebutnya Perang Chibi dimana pertempuran ini mengubah peta kekuatan Liu Bei, Cao Cao dan Sun Quan.

Meskipun demikian, saya yakin tidak semua dari kita mengerti benar apa yang terjadi sebelum perang tersebut terjadi. Darimana dan bagaimanakah asal usul para patriot seperti Guan Yu, Zhang Fei, dan Liu Bei? Bagaimana sejarah terbentuknya banyak negara di negeri Tiongkok kala itu? Kisah-kisah tersebut yang tidak begitu disinggung secara detail dalam film layar lebar yang sudah sangat kita kenal. Padahal kisah-kisah tersebut tidak kalah serunya dan pastinya penuh intrik. Beruntung, kita bisa mendapatkannya dengan cukup jelas melalui novel Sam Kok ini.

Kisah Sam Kok memang kisah klasik dari negeri Tiongkok yang diangkat dari sejarah besar masa Dinasti Han. Turun temurun kisah ini telah menyebar luas secara lisan lebih dari 500 tahun lamanya. Sejarah yang diceritakan lagi oleh novelis terkenal, Lou Guanzhong, kemudian menjadi roman terpopuler di dunia yang bercerita mengenai perebutan kekuasaan. Nilai persaudaraan, kejujuran, kesetiaan, pengabdian bertempur dengan pengkhianatan, ambisi, dan intrik yang saling tikam demi meraih kekuasaan.Kisah ini juga sudah berkali-kali difilmkan, baik untuk serial, maupun film bioskop. Sekarang disertai ilustrasi yang menarik, Yongkie Angkawijaya menceritakan ulang sejarah paling dashyat yang pernah terjadi di dunia ini.

Membaca kisah ini, tidak sekedar mengerti bagaimana strategi perang yang digunakan zaman dulu, namun kita juga akan mendapatkan makna yang dalam dan belajar dari setiap kisahnya.

(sebagian dari tulisan ini diambil dari resensi buku di cover novelnya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s