Invictus

Invictus merupakan kisah nyata inspiratif yang menceritakan bagaimana Nelson Mandela menggunakan tim Rugby Afrika Selatan yang kebanyakan terdiri dari orang kulit putih untuk mempersatukan negaranya dalam ajang Rugby World Cup. Mandela meminta bantuan sang kapten, Pienaar untuk mencapai tujuan itu. Mandela juga secara khusus mengatur agar tempat penyelenggaraan 1995 World Cup Championship dilakukan di negaranya.

Mandela yang baru saja dipilih menjadi presiden saat itu sadar benar bahwa isu rasial dan ekonomi masih sangat membayangi negaranya. Kala itu merupakan kebangkitan awal orang Afrika dari praktek apartheid yang telah menindas mereka selama dijajah orang kulit putih.

Orang kulit hitam pada masa itu masih memendam kebencian mendalam terhadap ras kulit putih. Tidak aneh, pada awalnya masyarakat pun tidak simpatik terhadap tim rugby yang mewakili negaranya dalam kejuaraan dunia rugby itu. Namun perlahan tim rugby tersebut mendapat tempat di hati setiap warga Afrika Selatan dan pada akhirnya tim yang menjadi underdog dalam World Cup tersebut bisa menjadi juara dan menjadi kebanggaan bersama Afrika Selatan. Kepemimpinan sang kapten menjadi salah satu kunci bagaimana tim tersebut bisa menghayati bahwa Afrika Selatan merupakan negaranya dan bisa menjadi pemenang.

Sebuah film tentang rasialisme, nasionalisme, dan kepemimpinan.

Director: Clint Eastwood; Starring: Morgan Freeman, Matt Damon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s