3G: Gading-Gading Ganesha

Gading-Gading Ganesha (3G) merupakan sebuah novel karya Dermawan Wibisono, seorang alumni ITB, yang dibuat sebagai sebuah tribute bagi ulang tahun ITB yang ke-50. Novel ini telah diangkat ke layar lebar.

3G menceritakan perjalanan enam anak muda, sesaat sebelum masuk kampus ITB, saat menempuh kehidupan kampus, dan setelah lulus dari kampus. Membaca novel ini, kita bisa membayangkan bagaimana realita yang ada di kampus yang kaya dengan ragam budaya, suku, agama, kondisi ekonomi, sosial, dsb. Bagi anak ITB sendiri, membaca novel ini seperti merefleksikan kehidupan yang selama ini telah atau sedang dijalani di kampus tercinta.

Kisah enam anak muda ini begitu menarik, penuh warna, canda tawa, isak tangis, dan inspirasi. Membaca novel ini, kita menjadi tahu bagaimana seorang mahasiswa harus hidup dan menjalani kehidupannya.

Dalam novel ini, cerita lebih difokuskan kepada pengenalan latar belakang dan karakter sang tokoh serta dinamika kehidupan mereka sebagai sahabat yang saling menopang satu sama lain dan saling mengisi satu sama lain.

Sebuah novel yang harus dibaca bagi setiap orang yang menghargai makna persahabatan dan juga makna kehidupan. Terlebih lagi oleh setiap mahasiswa ITB dan juga yang ingin menjadi mahasiswa ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s