Microphone: Respon Frekuensi

Bagaimana suara yang dihasilkan microphone?

Respon frekuensi (frequency response) microphone didefinisikan sebagai rentang suara (dari frekuensi terendah hingga tertinggi) yang dapat dihasilkan dan variasinya di antara rentang tersebut. Ada dua tipe respon frekuensi yang sudah sangat umum, yaitu: flat dan shaped.

Sebuah microphone yang dapat memberikan output yang uniform pada setiap frekuensi audio disebut respon frekuensi flat. Respon frekuensi ini direpresentasikan pada grafik respon frekuensi sebagai sebuah garis lurus. Artinya, microphone menghasilkan suara dalam rentang frekuensinya (frequency range) dengan variasi yang kecil dan bahkan tidak ada variasi dari suara aslinya.

Sebaliknya, microphone dengan respon frekuensi shaped memiliki bentuk grafik berupa garis yang bervariasi yang terdiri dari “gunung-lembah” yang spesifik. Hal ini menunjukkan bahwa microphone lebih sensitif terhadap frekuensi tertentu daripada yang lainnya, dan seringkali microphone memiliki rentang frekuensi yang terbatas. Respon shaped biasanya dirancang untuk meningkatkan suara dari sumber tertentu dalam aplikasi tertentu juga, dan pada waktu yang sama juga meminimalkan suara-suara tertentu yang tidak diinginkan.

Pada akhirnya, pemilihan microphone dengan respon frekuensi apa yang akan digunakan harus mempertimbangkan sumber suara dan tujuan dari suara tersebut. Rentang frekuensi dari microphone harus cukup lebar untuk menghasilkan suara dengan rentang yang diinginkan. Sebagai contoh, untuk keperluan High-quality sound system, maka diperluakan microphone dengan rentang frekuensi yang lebar. Sementara itu, untuk keperluan pidato cukup digunakan microphone dengan frekuensi yang lebih sempit.

Di dalam penggunaannya, flat response microphone direkomendasikan untuk keperluan instrumen akustik, paduan suara dan orkestra, khususnya ketika harus ditempatkan pada jarak tertentu dari sumber suara dengan cara ditodongkan. Sedangkan shaped response pada umumnya digunakan untuk vocal dengan rentang frekuensi yang sesuai dengan rentang suara manusia. Selain itu, microphone yang ditodongkan pada instrumen-instrumen tertentu seperti drum dan ampli gitar merupakan shaped response microphone yang respon frekuensinya disesuaikan dengan respon frekuensi suara instrumen tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s