“Ah, enggak deh. Berondong.”

Seperti biasa, ketika seseorang baru masuk kerja di lingkungan yang baru, hal pertama yang wajib dilakukan adalah berkenalan. Begitu pula dengan saya yang baru dua hari bekerja di suatu kantor di Jakarta. Dengan sifat saya yang sedikit pemalu dan pendiam terhadap orang-orang baru, saya menemui sedikit kesulitan untuk berkenalan manakala atasan saya tidak mengenalkan saya kepada seluruh kru.

Di samping meja kerja saya merupakan meja seorang wanita yang saya taksir berumur antara 25-30 tahun, sebut saja Alin (bukan nama sebenarnya). Pada hari pertama saya kerja, Alin datang agak siang sehingga atasan saya tidak sempat mengenalkan saya kepadanya. Kala itu saya sedang menulis, sedangkan dia baru saja datang dan membereskan meja kerjanya. Posisinya berdiri, sehingga wajahnya terlihat meskipun meja kami dibatasi oleh sebuah sekat. Dia sepintas meliihat saya dan dengan suara kecil dan ragu-ragu menyapa, “Hello.” Karena saya juga tidak mau menjadi canggung dan dianggap sombong, akhirnya saya memberanikan diri untuk berkenalan dengannya.

Kenalin,” ucapku sambil menyodorkan tangan untuk bersalaman.

Alin,” dia menyebut namanya sembari menyalami tanganku.

Jeff,” balasku.

Hah? Steve?”, tanya dia meminta pembenaran. Tampaknya dia tidak terlalu jelas mendengar suaraku.

Jeff” sahutku lagi.

“Oooooh, Jeff.”

Kemudian kami pun ngobrol singkat, berbasa-basi sejenak di awal perkenalan kami.

Di jam-jam terakhir bekerja di hari kedua, teman kantor lain yang adalah seorang Batak, sedang bercanda dengan teman-teman lain tidak jauh dari mejaku. Alin kala itu sedang menelpon, sedangkan saya sedang browsing internet mencari materi untuk dipelajari. Tiba-tiba teman Batak itu bertanya cukup kencang dengan nada bercanda dari kejauhan.

“Jeff! Udah kenalan sama Alin?” tanyanya.

Oh.. udah, Pak” jawabku.

Dia masih single tuh Jeff,” kata dia dengan nada “bermaksud”

Aku tersentak kaget mendengar Bapak tersebut bertanya hanya untuk hal seperti itu, saya cuma bisa tersenyum nyengir. Alin tidak mendengarnya karena sedang fokus menelepon. Semua teman-teman yang ada di sana tertawa terbahak-bahak. Hahahaha!!!

Tidak lama setelah Alin menutup teleponnya dan teman Batak-ku itu sudah pergi, seorang teman lain mendekati Alin.

Eh, denger gak tadi yang dibilang?” tanyanya pada Alin.

Heh?” sahut Alin dengan nada kebingungan dan tidak ngeh.

Kemudian, teman itu menceritakan kejadian tadi pada Alin. Dia yang sedang duduk di meja kerjanya menanggapinya dengan santai.

Aku sih tidak keberatan dibilang single.” jawabnya.

Emang Jeff masih single juga?“, sambungnya bertanya padaku

“Hmm….., mmmmasih”, jawabku malu-malu.

Kok jawabnya tersipu-sipu begitu?” tanyanya bercanda.

Aku tidak bisa menjawabnya. Kemudian, tak lama dia bertanya lagi.

“Emang kamu angkatan berapa?” sambil dia berdiri.

Masih muda saya. Angkatan 2006.” jawabku.

“Itu tahun masuknya,” sambungku karena melihat dia cukup kebingungan dengan kemudaan saya.

Bukan tahun lulusnya?” tanya dia.

“Lulusnya baru kemarin.” jawabku.

Kemudian dia tampak menghitung-hitung beda usia dia denganku dengan kesepuluh jarinya. Ternyata kami terpaut selisih usia 7 tahun.

“Ah, enggak deh. Berondong,” celetuknya padaku.

Mendengar disebut berondong, aku cuma bisa tersenyum tertawa kecil karena memang benar aku masih sangat muda dibandingkan dia.Ketika akan pulang kerja, dia berbasa-basi sambil membereskan tas kerjanya. Dia bertanya asalku dan dimana aku tinggal. Tidak lama kemudian, dia pun pamitan pulang kepada teman-teman yang ada di sana, sambil berkata, “Nanti ya kita ngobrol-ngobrol lagi.” Aku cuma bisa tersenyum, tersenyum dan tersenyum.

Itulah secuplik kisah unik yang saya alami di kantor tadi sore. Yah, begitulah suasana kantor pertama saya. Orang-orangnya memang terlihat sering bercanda, ramah dan santai-santai. Saya berharap untuk lebih kenal lagi dengan mereka dan lebih merasakan lagi atmosfer kerja yang menyenangkan di lantai delapan sebuah gedung perkantoran itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s