Shanghai (2010)

Film ini mengambil setting tahun 1941 dimana kala itu sedang berlangsung Perang Dunia kedua. Eropa dikuasai oleh Hitler (Jerman), sedangkan negara-negara Asia banyak dijajah Jepang. Di daratan China sendiri, kota-kota penting sudah jatuh ke tangan Jepang, hanya satu kota yang belum, yaitu Shanghai.

Film  ini bercerita tentang seorang Amerika, Paul Soames, yang menyelidiki tentang kematian seorang sahabatnya yang juga merupakan seorang agen. Pembunuhan itu ternyata ada kaitannya dengan bos mafia, Lan Ting dan juga seorang kapten Jepang, Tanaka. Sementara Soames terus menyelidiki misteri pembunuhan itu, dia mendapati dirinya jatuh cinta pada istri Lan TIng. Dia tidak akan menyangka bahwa di balik kecantikan Lan Ting, terdapat sebuah rahasia besar.

Sebenarnya, alur ceritanya sendiri tidak luar biasa. Hanya saja, karena cerita tersebut dikemas dalam setting jaman perang, film ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, ide cerita utamanya juga dikemas dengan unsur-unsur politis yang sangat relevan pada jaman itu. Dua hal inilah yang membuat film bertema sederhana ini memnjadi suatu film yang cukup menegangkan dan wajib ditonton.

Director: Mikael Hafstrom; Starring: John Cusack, Gong Li, Chow Yun Fat, Ken Watanabe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s