Aftershock (2010)

Film ini mengambil setting saat terjadi gempa bumi mematikan di kota Tangshan, China pada 28 Juli 1976. Akibat gempa bumi tersebut, seorang wanita telah kehilangan suaminya dan harus memilih hanya salah satu dari dua anak kembarnya untuk diselamatkan dari reruntuhan. Sang Ibu tersebut kebingunan dan akhirnya dia merelakan putrinya, Fang Deng, untuk menyelamatkan putranya, Fang Da. Fang Deng yang pada saat itu sedang tertimpa reruntuhan mendengar ucapan ibunya kepada tim penyelamat untuk menyelamatkan Fang Da. Hal itu membuatnya menangis dan sakit hati. Sang Ibu tidak akan menyangka bahwa Fang Deng hanya pingsan. Sang Ibu telah menganggapnya mati dan pergi bersama putranya. Dari sinilah cerita yang mendasari film Aftershock ini dimulai.

Sang Ibu, Fang Da dan Fang Deng menjalani hidupnya masing-masing. Fang Da tumbuh besar dengan ibunya dan merantau ke kota lain setelah dia cukup dewasa, sedangkan Fang Deng diadopsi oleh satu pasangan tentara penyelamat yang saat gempa Tangshan terjadi sedang bertugas di sana. Sang Ibu sendiri lebih memilih untuk tinggal di Tangshan.

32 tahun kemudian, pada tahun 2008, terjadi gempa bumi di Sichuan yang memakan korban sebanyak 80.000 jiwa. Mendengar kabar tersebut, Fang Deng tergerak hatinya dan memutuskan untuk menjadi relawan. Tidak akan dia duga sama sekali, keputusannya tersebut membawa dia untuk bertemu kembali dengna adik dan ibunya.

Film ini dibuat di antaranya untuk mengenang peristiwa gempa bumi yang meraup 240.000 jiwa yang terjadi pada 28 Juli 1976 di Tangshan sekaligus untuk memperingati kebangkitan kembali kota tersebut. Meskipun cerita Fang Deng dan keluarganya hanya rekaan, tetapi kisahnya telah sukses untuk membuat penonton merasakan penderitaan para korban dan juga keberanian serta kekuatan mereka dalam menghadapi hidup setelah bencana tersebut. Selain itu, kisah Fang Deng juga ingin memnyampaikan pesan mengenai cinta dan pengampunan. Cinta dan pengampunan seorang ibu yang selalu kekal. Sebuah film yang mesti ditonton oleh setiap pencinta film drama.

Director: Feng Xiaogang; Cast: Lu Yi, Zhang Jingchu, Chen Daoming, Li Bing Bing, Chen Jin, Xu Fan, Zhang Guoqiang

2 thoughts on “Aftershock (2010)

  1. filmnya bagus-bagus
    terutama saya sangat tertarik dengan film Fireproof, film Aftershock dan The Express.
    kalau saya ingin memilikinya, bagaimana caranya ?

    • thanks..
      hmm, film Aftershock kebetulan sedang diputar di bioskop sekarang.. mungkin Anda bisa nonton juga..
      untuk film Fireproof dan The Express, karena ini film lama, mungkin sudah dijual di toko2 DVD. kalau bajakan sih, semuanya pasti adašŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s