Surrogates

Dengan semakin majunya teknologi seiring dengan bertambahnya umur dunia, pernahkah terbayang di benak kita bahwa suatu saat nanti dunia ini akan dipenuhi oleh robot? Semua tugas manusia dikerjakan robot yang dikendalikan manusia yang hanya perlu duduk diam di rumah? Well, melalui film ini kita dapat melihat bagaimana hidup dengan cara seperti itu.

Setting film ini diambil pada saat dimana manusia sudah dapat menggunakan robot untuk melakukan semua tugasnya di luar rumah dengan cara mengendalikannya dari dalam rumah. Konsep seperti ini disebut sebagai Surrogate, sebuah konsep kehidupan baru yang dirancang satu perushaan terbesar, VSI, yang juga memproduksi Surro secara massal.

Cerita utama film ini dimulai saat muncul saat putra dari pemilik VSI mati dibunuh dengan suatu senjata mematikan yang tidak hanya dapat membunuh sang Surro, tapi juga sang operatornya sendiri secara bersamaan. Akhirnya, penyelidikan kasus ini telah membawa Agent FBI Tom Greer menemukan satu rencana besar yang disimpan oleh pemilik VSI terhadap seluruh umat Surrogate di dunia. Greer dengan aksi heroiknya pada akhirnya dapat mengembalikan dunia kepada keadaan normal, yaitu manusia hidup dengan kehadiran fisik dan jiwa seutuhnya.

Film dengan genre sci-fi action ini rasanya mampu menghibur kita semua yang suka film eksyen. Namun, selain hiburan semata melalui film ini juga kita dapat merasakan sisi negatif dari kehadiran teknologi yang memungkinkan manusia melakukan semua tugasnya dengan mengendalikan satu robot. Ada sesuatu yang besar dalam hidup manusia dan komunitasnya yang tidak akan pernah tergantikan. Itulah alasan mengapa manusia dciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna. Saya rasa film ini ingin menyampaikan pesan tersebut.

Starring: Bruce Willis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s