Basic LTE (Part 2: Improvement of QoE and New Services)

Suatu teknologi muncul bukanlah tanpa alasan. Teknologi muncul sebagai solusi terhadap suatu permasalahan. Begitu pula dengan LTE. LTE muncul sebagai jawaban atas beberapa permasalahan yang merebak di dunia telekomunikasi. Salah satunya adalah terus meningkatnya kebutuhan user akan layanan-layanan yang semakin advanced.

Di tahun 2000-an, manusia masih merasa puas dengan hanya layanan voice dan SMS melalui HP. Manusia tidak menuntut layanan macam-macam seperti jaman sekarang. Namun seiring dengan berjalannya waktu, mulai muncul kebutuhan untuk mengirimkan pesan bergambar. Layanan ini disebut sebagai MMS. Makin lama, kebutuhan manusia akan layanan semakin bertambah, mulai dari email, web browsing hingga music download dan video streaming. Kebutuhan akan layanan ini tentunya akan semakin meningkat terus selama manusia masih ada. Meningkatnya kebutuhan layanan menuntut data rate yang tinggi pula bagi user untuk menikmatinya. Layanan-layanan saat ini yang menjadi tantangan bagi operator-operator adalah layanan-layanan seperti HD Video, Multi-user Interactive Gaming, dan juga High Resolution Multimedia. Tantangan dalam arti layanan-layanan seperti ini membutuhkan data rate yang sangat tiggi yang tidak dapat dipenuhi oleh teknologi yang telah diterapkan saat ini, yaitu HSPA.

LTE dapat menjawab tantangan tersebut dengan menyediakan data rate yang tinggi. Dengan data rate tersebut, user dimungkinkan untuk menikmati berbagai layanan-layanan baru yang membutuhkan persyaratan yang lebih dan juga mendapatkan QoE yang lebih tinggi bagi layanan-layanan lama (seperti email, web browsing, music download, dsb.). Throughput yang lebih tinggi dan juga latency yang lebih rendah yang ditawarkan LTE merupakan salah satu key enabler bagi munculnya layanan-layanan baru.

(referensi artikel dan sumber gambar: Alcatel-Lucent LTE Overview document)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s