Kau Bakar Aku Bakar

Beberapa hari yang lalu, dunia digegerkan dengan adanya satu ajakan dari Pastor Terry Jones dari Gainesville, Florida, untuk membakar kitab suci Islam, Al-Quran, di hari peringatan tragedi WTC 11 September. Bersyukur bahwa ketika saya tadi membaca satu situs berita di internet, Terry membatalkan niatnya tersebut.

Novel ini muncul sebagai respon reaktif terhadap munculnya ajakan tersebut pertama kali. Jika Damien Dematra pernah berhasil menulis novel “Sejuta Hati untuk Gus Dur” dalam 3 hari 3 malam, maka novel “Kau Bakar Aku Bakar” diselesaikannya lebih cepat, 2 hari 2 malam. Namun, proses menulis yang begitu cepat tidak mengurangi kualitas dari novel ini.

Novel ini menceritakan kehidupan dua orang secara paralel namun di akhir ada benang merah yang mempersatukan keduanya. Khadir adalah seorang Muslim yang sejak kecil sudah tinggal di New York dan sangat mencintai negara tempat dia tinggal sebagai lambang kebebasan. Namun, pasca tragedi WTC, lingkungannya sekejap berubah. Dengan wajah Arabnya yang kental, seringkali dia menjadi bahan pandangan sinis orang-orang yang sangat sakit hati akan tragedi tersebut. Padahal dia sendiri tidak tahu dan bingung mengapa teroris-teroris yang berasal dari negeri nenek moyangnya itu tega melakukan hal seperti itu. Sementara itu, di belahan bumi yang lain, tepatnya Indonesia, hiduplah Abraham Kaligis, seorang pendeta baik hati dan aktif dalam gerakan peduli pluralisme. Pengalaman iman keduanya dalam menghadapi provokasi Terry Jones yang menjadi cerita utama di novel ini.

Novel ini wajib dibaca oleh setiap orang untuk mengetahui arti Kristen dan Islam yang sejati. Bagi saya, novel ini merupakan sebuah harapan akan situasi keberagaman agama di Indonesia yaitu untuk mencapai perdamaian dan  menyerahkan kebenaran mutlak kepada Allah Yang Maha Esa tanpa perlu menghakimi keyakinan orang lain karena merasa keyakinannya paling benar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s