Basic LTE (Part 4: More Revenues)

Selain dapat meningkatkan QoE, memungkinkan layanan baru yang advanced, menjawab kebutuhan kapasitas dan mereduksi cost, LTE juga dapat memberikan sumber pendapatan lain bagi operator. Apalagi untuk operator-operator di Indonesia dimana tingkat ARPU bias digolongkan sangat rendah.

Rendahnya ARPU di Indonesia bukanlah tanpa alasan. Penyebab utama rendahnya ARPU adalah banyaknya operator di Indonesia. Dengan begitu banyak operator, kompetisi menjadi sangat ketat dan cenderung tidak sehat lagi. Ditambah dengan murahnya harga-harga perangkat saat ini. Perang tarif pun terjadi, harga per Mb layanan data pun menjadi turun. Yang menjadi masalah adalah untuk trafik data. Apalagi Indonesia terkenal dengan negara yang sangat “aktif” berjejaring sosial dan juga ber-messenger (Indonesia masuk ke dalam tiga besar negara yang paling banyak mengkonsumsi produk-produk itu). Berbeda dengan trafik voice, trafik data membutuhkan bandwidth yang lebih lebar tentunya daripada voice. Padahal, biaya per Mb jauh lebih kecil karena adanya kompetisi tadi. Akibatnya, trafik data naik sedangkan revenue turun. Fenomena ini disebut sebagai “decouplingtraffic load terhadap revenue.

Selama ini, revenue yang didapatkan oleh operator berasal dari user-paid revenue. Artinya revenue yang diperoleh adalah pendapatan yang diterima secara langsung dari user yang berlangganan dengan jaringan operator tersebut. Dengan model seperti ini, ARPU hanya ada dua macam: voice ARPU dan data ARPU. Dengan LTE, operator dimungkinkan untuk menerima pendapatan dari non-user paid revenue. Non-user paid revenue ini merupakan revenue yang didapatkan dari service provider yang menyediakan layanan-layanan bagi customer, seperti: content, application, iklan, dsb. Diharapkan dengan hadirnya LTE segmen service provider ini bisa bertumbuh dan semakin kreatif di dalam menyediakan layanan-layanan baru dan menarik bagi customer. Sehingga, ketika makin banyaknya service provider yang menggunakan resource operator dan customer yang berlangganan service tersebut, pendapatan operator otomatis akan meningkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s