Gus, You’re My Inspiration (Part 2: kesuksesan)

“Gus, bagaimana ya, kita ini kok ndak sukses-sukses. Liat saja. Masih tetep kere gini terus.”

Gus Dur berdecak. “Ngukur sukses itu ndak bisa diliat waktu hidup. Justru setelah meninggal baru keliatan berapa banyak orang yang mengingat kita sewaktu meninggal.”

Itulah sepenggal percakapan antara Gus Dur dan Bingky Irawan tentang makna kesuksesan — pesan kedua yang saya dapatkan dari novel Sejuta Doa untuk Gus Dur.

Kesuksesan. Ya, banyak orang memaknainya dengan berbagai macam cara dan tolok ukur. Ada yang mengukurnya dengan jumlah saldo di rekening, ada yang mengukurnya dengan banyaknya mobil yang kita punya, tingginya jabatan yang kita duduki, dsb. Tetapi, dari Gus Dur kita bisa belajar bahwa semua itu sia-sia dan hampa. Makna kesuksesan sebenarnya adalah mengenai seberapa berharga hidupmu di mata orang lain, tidak ada sangkut pautnya dengan harta kekayaan kita dan indikator kesuksesan kita adalah ketika kita sudah meninggal, seberapa banyak orang yang mengingat kita.

Saya pernah menulis artikel mengenai makna kesuksesan (bisa lihat di sini). Di tulisan itu, saya mengambil contoh kehidupan John Wood, yang telah berdedikasi untuk mengembangkan negara-negara miskin dan terbelakang dengan membangun perpustakaan.

Ya, saya rasa tidak perlu disanggah lagi, diakui atau tidak, memang benar bahwa makna kesuksesan sejati adalah mengenai “berharga bagi orang lain”. Dan sejauh pengamatan saya, itulah yang sering dilupakan mereka yang selalu berada “di atas”. Mereka yang tidak pernah tahu kehidupan “di bawah”. Mereka yang pernah merasakan hidup “di bawah” biasanya lebih mudah berempatik dan berbagi dengan orang lain. Yah, whatever lah. Wherever you are, “di atas” atau “di bawah”, sebaiknya kita sama-sama belajar dan memperbaharui kembali definisi sukses dalam kamus hidup kita.

Semoga sukses selalu!

(sumber ilustrasi: http://media.photobucket.com/image/sukses/alex_dhika/Kisah%20Sukses/man-success-sign1.jpg)

2 thoughts on “Gus, You’re My Inspiration (Part 2: kesuksesan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s