Bantu orang untuk menang!

Pernahkah Anda memberikan sesuatu yang berharga untuk orang lain? Pernahkah Anda membantu orang untuk meraih sesuatu? Bagaimana perasaan Anda setelah melakukannya? Menyenangkan bukan?

Yup, betul sekali. Membantu orang lain untuk menang merupakan salah satu perasaan paling menyenangkan di dunia. Tidak perlu diingkari lagi bahwa perbuatan seperti itu adalah salah satu episode hidup yang paling memberikan kepuasan batin.

1984, Lou Whittaker memimpin tim Amerika pertama untuk mendaki Puncak Everest. Setelah berbulan-bulan berusaha keras, lima anggota tim berhasil mencapai tempat perkemahan terakhir pada ketinggian 8.230 meter di atas permukaan laut. Di situlah, Whittaker harus membuat sebuah keputusan yang sulit karena dua orang dari mereka harus kembali ke kamp terdahulu untuk mengambil persediaan makanan, air dan oksigen, dan kemudian balik lagi ke kamp yang sekarang. Tetapi, setelah melakukannya. kedua pendaki itu akan berada pada kondisi yang tidak diperkenankan untuk melakukan pendakian selanjutnya. Pendaki lainnya harus tetap tinggal di kamp pada hari itu untuk mempersiapkan pendakian terakhir.

Keputusan pertama yang harus dibuat Whittaker adalah tetap tinggal di kamp 8.230 meter itu untuk melakukan koordinasi kegiatan tim. Berikutnya, dia mengirim dua pendaki terkuat untuk turun mencapai perbekalan, dan keputusan itulah yang lebih berat. Dua pendaki yang lebih lemah akan beristirahat, memulihkan tenaga dan mendapat kehormatan mendaki ke puncak.

Lho, mengapa dia sendiri tidak ikut mendaki ke puncak? Ketika ditanya seperti itu, ia berkata, “Tugas saya adalah menempatkan orang lain di puncak tertinggi”.

Whittaker mengerti bahwa ketika orang membuat keputusan yang tepat untuk membantu tim, semua orang akan menang.

JADIKAN TUGAS ANDA UNTUK MENEMPATKAN ORANG LAIN PADA POSISI PUNCAK HARI INI.

diceritakan ulang berdasarkan Maxwell Daily Reader 1 Maret

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s