Penyelesaian Masalah 101

Bertahun-tahun lalu saya memutuskan untuk berfokus pada membantu orang menyelesaikan masalah dan bukannya membantu menyelesaikan masalah orang. Saran-saran berikut ini seharusnya efektif:

  • Jangan biarkan orang berpendapat bahwa Anda selalu memiliki jawaban terbaik. Hal ini hanya membuat orang semakin bergantung pada Anda.
  • Ajukan pertanyaan: Bantulah orang berpikir melalui seluruh rangkaian proses masalah mereka.
  • Jadilah seorang pelatih, jangan ingin menjadi raja. Seorang pelatih dapat menggali hal terbaik dalam diri orang lain. Bantulah mereka menggapai jauh di dalam diri mereka untuk menemukan potensi mereka. Seorang raja hanya bisa memberi perintah.
  • Buatlah daftar solusi mereka di atas secarik kertas. Padukan ide-ide Anda dengan ide mereka, sampai mereka mampu memiliki ide yang cemerlang.
  • Mintalah mereka memutuskan solusi terbaik atas masalah mereka.
  • Kembangkan sebuah rencana permainan.
  • Mintalah mereka mengambil alih permainan dan tanggung jawab atas rencana permainan itu. Biarkan mereka menentukan kerangka waktu dan proses pertanggungjawaban.

Ketika pertemuan berakhir, Anda harus memiliki sasaran supaya orang lain itu telah melakukan proses atas masalahnya, memilih sebuah solusi, mengembangkan sebuah rencana permainan. dan mengambil alih kepemilikan masalah termasuk penyelesaiannya, Hubungan orang itu dengan Anda bukan lagi hubungan kebergantungan melainkan sebuah hubungan yang mendalam.

BANTULAH SESEORANG UNTUK MENYELESAIKA MASALAHNYA SENDIRI HARI INI.

seluruh tulisan diambil dari Maxwell Daily Reader 6 Maret

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s