MERAH PUTIH

Berlatar sejarah otentik perjuangan Indonesia untuk kemerdekaan pada tahun 1947 ketika terjadi Agresi Militer Belanda pimpinan Van Mook yang menyerang jantung kaum republik di Jawa Tengah, MERAH PUTIH bercerita tentang sekelompok pejuang kemerdekaan yang harus bersatu untuk bertahan dari pembunuhan, berjuang sebagai pejuang gerilya, untuk menjadi anak-anak bangsa sesungguhnya, terlepas dari konflik pribadi yang tajam dan perbedaan yang besar dalam kelas sosial, suku, daerah asal, agama, dan kepribadian.

Film pertama dari trilogi yang direncanakan ini dimulai dengan menceritakan latar belakang para tokoh utama. Mereka — dengan perbedaan kelas sosial, suku, domisili, agama, dan sifat — bersama-sama memasuki Sekolah Tentara Rakyat. Meskipun sudah tinggal di satu atap dengan fasilitas dan kewajiban yang sama, diskriminasi tetap terjadi. Namun, yang paling penting dan unik adalah bagaimana kondisi pada saat itu akhirnya telah membuat mereka menjadi satu dan mengesampingkan sentimen pribadi. Serangan mendadak Belanda telah membuat mereka harus berjuang untuk hidup di hutan belantara dan sekaligus menyelamatkan penduduk yang mereka temui serta orang-orang yang dikasihi.

Film yang sangat bagus untuk ditonton, khususnya di masa-masa sekarang ketika banyak orang kehilangan rasa nasionalisme terhadap negara ini. Selain dari plot cerita yang patriotik, film MERAH PUTIH juga melibatkan ahli perfilman internasional terbaik dalam bidang special effects dan tata teknis lain yang berpengalaman di perfilman Hollywood: Koordinator Special Effects dari Inggris Adam Howarth (SAVING PRIVATE RYAN, BLACKHAWK DOWN), Koordinator Pemeran Pengganti Rocky McDonald (MISSION IMPOSSIBLE II, THE QUIET AMERICAN), Make-Up dan Visual Effects Artist Rob Trenton (BATMAN – THE DARK KNIGHT), Ahli persenjataan John Bowring (CROCODILE DUNDEE II, THE MATRIX, THE THIN RED LINE, AUSTRALIA, X-MEN ORIGINS:WOLVERINE) dan Asisten Sutradara Mark Knight (DECEMBER BOYS, BEAUTIFUL).

Bagi yang belum nonton film ini, kalian WAJIB nonton!

sebagian tulisan diambil dari http://www.21cineplex.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s