11.47 PM

Waktu menunjukkan pukul 11.47. 13 menit lagi, hari akan berganti.

Minggu ini terasa sangat cepat sekali. Banyaknya pekerjaan telah membuatku serasa kejar-kejaran dengan waktu. Tidak bisa lagi berlama-lama bersantai.

Begitu pula dengan hari ini. Sepuluh jam di kantor kulalui dengan mengotak-atik excel dan power point. Itu pun masih belum kelar. Alhasil, untuk meringankan beban kerja esok, aku lanjutkan sebagian setelah pulang kerja di kosan.

Semestinya aku sudah tidur 30 menit yang lalu. Kerjaan sebagian besar sudah beres. Sisanya akan kukerjakan esok pagi sebelum ke kantor. Namun, meski mataku sudah mengantuk, tapi sulit rasanya memejamkan mata.

Aku teringat Mama-Papa.

Aku teringat sudah sejak hari Minggu Mama tidak menelponku. Mungkin dia sibuk. Biasanya aku tidak sekangen ini meski tidak ditelepon dalam seminggu. Entah kenapa, saat ini aku kangen. Aku teringat wajahnya. Membuat hatiku terenyuh, mengingat segala perjuangan hidupnya hingga detik ini. Sekarang Mama sedang tidak sehat. Sudah hampir seminggu dia berobat ke dokter. Ma, Mama baik-baik saja kan di rumah? Besok, aku mesti telepon Mama.

Papa pun sedang dalam proses penyembuhan. Sungguh, mengingat Papa juga aku ingin menangis. Papa yang tahun ini akan menginjak usia ke-70. Sudah tua. Renta. Sering lupa. Pikun. Sering tidak enak badan. Ditambah penyakit gulanya, membuat dia memiliki banyak pantangan makanan terhadap kue basah kesukaannya. Kerapkali dia sering sembunyi-sembunyi makan makanan yang dilarang Mama, dan selalu ketahuan Mama. Akhirnya, Mama ngomel-ngomel.

Waktu menunjukkan pukul 12.10. Sudah saatnya aku tidur nih.

Aku berharap Mama juga sudah tidur saat ini. Selamat tidur, Mama.

“Ya Tuhan, tolong sertai mereka selalu. Amin.”

Leave a Reply

