Free your mind at Freedom Institute!

Kini, perpustakaan tidak lagi kuno. Rasanya kalimat tersebut sangat cocok untuk menggambarkan kondisi sebuah perpustakaan umum yang terletak di Jalan Proklamasi 41 ini. Didesain dengan begitu moderen dan minimalis serta interior yang membuat kita merasa cozy berlama-lama di dalamnya, perpustakaan Freedom Institute  menawarkan suatu terapi jiwa yang memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam berpikir.

Pertama kali ke Freedom Institute ini, saya diajak oleh teman saya. Dia selalu menceritakan bahwa tempatnya sangat enak untuk belajar kelompok. Hal itu tak saya ragukan lagi ketika memasuki area taman yang begitu asri dan melangkahkan kaki melalui pintu masuk perpustakaannya. Suatu atmosfir yang sama sekali berbeda dengan kampus kami. Menyatu dengan kompleks Freedom Institute,terdapat sebuah kafe bergaya cukup jadul, yaitu kafe Proklamasi.

Perpustakaan Freedom Institute menyediakan buku yang cukup banyak. Ada buku impor, ada juga buku lokal. Koleksi buku yang disediakan pun beragam yang mencakup bidang-bidang  filsafat, agama, sosiologi, politik, ekonomi, studi-studi tentang demokrasi dan transisi ke demokrasi di sejumlah negara, globalisasi, dan sastra. Koleksi terus diperbarui sehingga dapat mencakup literatur-literatur baru yang terbit paling mutakhir. Selain itu, Freedom juga melanggan majalah, surat kabar, data statistik, dan puluhan jurnal ilmiah dari dalam dan luar negeri.

Fasilitas lainnya yang disediakan perpustakaan Freedom Institute adalah internet gratis, hotspot, layanan fotokopi, dan tempat duduk dan meja diskusi yang sangat nyaman.

Namun, jangan pikir bahwa Freedom Institute hanya sebuah perpustakaan semata. Itu hanya salah satu fasilitas. Lebih dari itu, Freedom Institute yang didirikan oleh Rizal Mallarangeng dan Aburizal Bakrie ini bertujuan menjadi suatu ruang terbuka bagi publik untuk mengasah gagasan dan ide.  Freedom Institute seringkali mengadakan seminar atau diskusi yang terbuka untuk umum. Beberapa saat yang lalu, di tempat ini ada diskusi dengan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Selain itu, kadang diadakan event-event berbasis komunitas di tempat ini. Hari Sabtu yang lalu, Komunitas Jazz Kemayoran bekerja sama dengan Freedom Institute mengadakan gathering di tempat ini.

Tempat ini agaknya menjadi tempat yang cukup favorit saya dan teman-teman melepaskan kepenatan dan mencari atmosfir yang berbeda dalam proses menggali gagasan.

Buat yang penasaran dengan Freedom Institute ini, bisa langsung klik link website resminya: http://freedom-institute.org

6 thoughts on “Free your mind at Freedom Institute!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s