Business Model Canvas – Penerapan di Indonesia

Buku ini membahas tentang konsep bisnis model menggunakan pendekatan kanvas yang diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur dalam buku Business Model Generation yang juga menjadi referensi utama buku ini. Untuk mengimbangi penguasaan konsep, buku ini dilengkapi juga dengan studi kasus penerapan di beberapa perusahaan besar di Indonesia, seperti: PT Jasa Marga, Bank Mandiri Kartu Kredit, Garuda Indonesia, PLN, Air Asia Indonesia, Astra Honda Motor, Kaskus, Adira Finance, PT KAI, Metro TV dan RCTI.

Dengan memahami Business Model Canvas, kita dapat menguasai konsep bisnis model yang rumit menjadi lebih sederhana yang ditampilkan dalam bentuk lembar kanvas berisi 9 kotak, yang disebut peta sembilan elemen, yang mencakup Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships, dan Cost Structures. Dalam pengembangannya, penggunaan kanvas ini dapat ditunjang oleh analisis SWOT untuk memberikan potret kondisi perusahaan saat ini.

Buku ini ditulis oleh Tim PPM Manajemen yang anggotanya terdiri dari akademisi, instruktur, dan konsultan. Dengan beragamnya latar belakang ini, diharapkan akan memperkaya pemahaman pembaca mengenai Business Model Canvas dan implementasinya. Penulisan buku ini didasarkan atas cara kerja seorang fotografer: menemukan sesuatu yang menarik dan kemudian memotretnya. Jepretan itulah yang dianalisis. Jadi, pembahasan yang ada di buku ini disusun berdasarkan sudut pandang penulis sendiri yang mungkin saja berbeda dengan sudut pandang internal perusahaan.

Namun demikian, buku ini tetaplah buku yang sangat bermanfaat dan wajib dimiliki untuk membantu kita memahami konsep bisnis model secara praktis dan sederhana. Buku ini juga merupakan salah satu pionir yang memperkenalkan model bisnis melalui pendekatan kanvas yang ditulis dengan gaya penulisan yang enak dibaca dan didesain dengan menarik dan full-color.

4 thoughts on “Business Model Canvas – Penerapan di Indonesia

  1. Pernah liat nih buku di Gramedia harganya sekitar 100 ribu-an..😀 Tapi belum lihat isinya.. Bolehlah nih saya lhat dulu..🙂

    Btw thanks banget atas ulasannya yaak..😀

    • Sama-sama, Bang.

      Untuk buku tentang BMC, jika ingin dapat yang teorinya, pilih buku yang karangan asli Otswalder-nya.
      Untuk yang bikinan PPM ini, lebih ke contoh2 kasus penerapan teori/prinsip dari BMC itu sendiri.

      Dua-duanya menarik kok.

      Thanks uda berkunjung ke blog ini ya.

  2. Bener nih di Gramedia Jogja juga ada..? soalnya nyari muter-muter di beberapa toko buku terkenal di Jogja, belum nemukan.

    • Dear Pak Agus,

      Saya sendiri tidak tahu apakah buku ini beredar luas di Yogyakarta atau tidak.
      Jika Bapak kesulitan mencari dan berminat/tertarik untuk mendapatkannya, saya bisa bantu.
      Saya bisa belikan untuk Bapak dan kirimkan ke alamat Bapak.
      Bapak bisa PM saya via email untuk lebih lanjut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s