The Goal: Excellence in Manufacturing

419sHv7LtdL._SX220_Look at its cover! Jadul banget. Tidak heran, novel ini diterbitkan pertama kali tahun 1984. Saya pun belum lahir pada tahun tersebut.

Pertama kali saya tahu novel ini, adalah Pak MTY, dosen manajemen operasi di PPM Manajemen yang juga mengajar saya. Beliau pernah merekomendasikan novel ini di kelas, dan kurang lebih dia mengatakan bahwa ilmu manajemen operasi ada di novel ini. Namun, ketertarikan saya muncul setelah satu dosen lainnya, Pak ALW, ketika mengenalkan konsep Theory of Constraint, menyinggung tentang novel ini juga. Tepat sebelum  liburan Natal kemarin, saya pinjam novel ini, dan baru selesai baca pagi tadi. Sejujurnya, saya masih belum puas baca sekali, karena mungkin masih terkendala Bahasa Inggris, sehingga ilmu dan message-nya belum 100% sampai di otak. Yah, mungkin lain waktu saya baca lagi. Hehe.

Novel ini ditulis utamanya oleh Eliyahu M. Goldratt (dan Jeff Cox). Goldratt adalah seorang fisikawan. Namun, ia dikenal pula sebagai management guru, mungkin khususnya di bidang manajemen operasi. Dia adalah penemu Optimized Production Technique dan juga Theory of Constraint. Di samping dua itu, masih banyak prinsip-prinsip yang dia perkenalkan yang kita kenal sekarang di dunia manajemen dan manajemen operasi. Inilah yang sangat spesial dari Goldratt, adalah seorang fisikawan yang telah berkontribusi banyak terhadap dunia manajemen operasi. Kalau penasaran tentang Goldratt, bisa dengan mudah search di Google.

“The Goal” merupakan sebuah novel, menceritakan tentang pergumulan seorang manajer pabrik, Alex Rogo. Pabriknya terancam untuk ditutup karena performa yang terus menurun. Dia terancam kehilangan pekerjaan, dan begitu pula seluruh karyawan pabriknya. Dia diberi waktu tiga bulan oleh atasannya untuk memperbaiki segala hal tidak beres dan untuk menunjukkan kinerja yang meningkat dari pabriknya. Tidak sengaja, dalam kegalauannya, Alex bertemu dengan kenalan lamanya, Jonah, yang saya percaya merupakan personifikasi dari Goldratt sendiri. Dari sinilah, perjalanan menuju “the excellence in manufacturing” dimulai. Alex, dengan dibantu oleh petunjuk-petunjuk dari Jonah, selangkah demi selangkah telah melakukan banyak improvement pada pabriknya hingga pada akhirnya pabriknya bisa selamat dan dirinya mendapatkan promosi.

Yang menarik di dalam novel ini, meskipun Goldratt seorang fisikawan, dia dibantu oleh Jeff Cox telah dapat menuliskan suatu cerita yang berbau ilmu pengetahuan ini dengan tidak membosankan. Alurnya sangat enak untuk dibaca dan dipahami. Pembaca diajak untuk menyelami betapa besar tanggung jawab seorang manajer pabrik dan bagaimana juga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi sangatlah penting bagi setiap orang (di dalam novel ini dikisahkan bahwa Alex hampir kehilangan pernikahannya).

Tidak akan bercerita banyak tentang isi dari “The Goal”, semua yang belajar tentang manajemen operasi rasanya kudu baca novel ini. Anda akan menemukan konsep seperti bottleneck dan theory of constraint dijelaskan dengan sangat simple menggunakan berbagai ilustrasi sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s