Indonesia Mengantarmu Pulang

re_buku_picture_86656Ir. Kornel Mandagi Sihombing, M.Sc., yang akrab dipanggil Bang Onye, adalah salah satu korban jatuhnya pesawat Sukhoi dalam joy flight di Gunung Salak, Jawa Barat, 9 Mei 2012. Sebagai salah satu motor penggerak di PT Dirgantara Indonesia, dia telah banyak menyumbangkan pemikirannya bagi dunia kedirgantaraan Indonesia, pun sebagai anggota masyarakat dia dikenal sebagai sosok yang memberikan inspirasi hidup. Lewat catatan-catatan kecil yang ditinggalkannya dan kesan-kesan dari mereka yang mengenalnya, kita dapat belajar dari sosok Onye yang sederhana dan santun, peduli dan penuh kasih, namun juga berani dan jujur.

Sedikit saja cerita …

Ada sedikit rasa menyesal dalam benak ini tatkala membaca buku “Indonesia Mengantarmu Pulang”. Menyesal karena mengapa saya tidak sedari dulu berinisiatif untuk belajar banyak dari Almarhum.

Bang Onye di mata saya adalah seorang pelayan Tuhan, pemimpin dan penggerak. Pengenalan saya tentang Almarhum bersumber dari keterlibatan saya dalam kegiatan pelayanan di GKI Maulana Yusuf. Gaya dan nada bicaranya sangat karismatik, jabat tangannya sangat erat dan penuh semangat, selalu tersenyum ketika bertemu. Namun, di balik impresi yang dia pancarkan sebagai seorang profesional yang berkarisma, dia juga seorang family man yang sederhana. Pernah saya mendapati beliau sedang berolahraga bersama istrinya mengelilingi Gempol Wetan. Pernah juga saya mendapati beliau sedang mencuci mobil Carry-nya di pagi hari ketika saya hendak berangkat kuliah (kebetulan tempat tinggal Almarhum berdekatan dengan tempat kos saya).

Namun, sebatas itulah yang saya tahu tentang dirinya. Selebihnya, saya banyak tahu tentang keteladanan beliau dari cerita teman-teman terdekat. Oleh karena itu, membaca buku ini saya bersyukur bisa banyak belajar dari kehidupan Almarhum. Saya bisa mengerti sekarang mengapa banyak orang merasa kehilangan sekaligus terinspirasi olehnya. Hidupnya telah menjadi teladan dalam manifestasi nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang saat ini mungkin akan sangat sulit sekali ditemukan di zaman sekarang.

Saya pribadi benar-benar berharap buku ini yang menceritakan dengan cukup lengkap sosok Bang Onye, bisa menjadi berkat dan inspirasi bagi anak bangsa untuk meneladani semangatnya. Bacalah buku ini, maka kita semua akan mengerti mengapa buku ini diberi judul “Indonesia Mengantarmu Pulang”. INDONESIA. Bukan satu-dua orang, keluarga, atau pun kerabat, tetapi INDONESIA.

Leave a Reply

