What do I want in life?

Berkaca kepada teman-teman sepermainan dan juga teman-teman seangkatan sewaktu kuliah S1 dulu, sering sekali saya bertanya pada diri sendiri, “Kok hidup gue gini-gini aja ya?”

Melihat si A sudah kerja di Jepang, melanjutkan studi S2 dan kerja di sana. Si B ke Eropa atau Amerika mendapatkan beasiswa bergengsi di universitas top di sana. Si C bekerja di perusahaan asing yang memberikan dia duit banyak sehingga bisa jalan-jalan keliling dunia. Si D sudah punya usaha sendiri. Si E bekerja di perusahaan nasional terkemuka dengan karir terus menaik. Dan seterusnya.. dan seterusnya..

Jika mau dihitung, helaan nafas saya rasanya tidak akan terhitung mengingat kiprah teman-teman di luar sana.

Tatkala saya ingat mereka, hati ini mulai merasa ingin seperti mereka, atau mungkin lebih tepatnya iri kali ya. Melihat kesuksesan orang lain memang paling gampang. Ibarat peribahasa, rumput tetangga selalu lebih hijau.

Tapi perasaan ingin tadi, tidak tinggal lama. Ketika sudah disibukkan dengan kegiatan, maka perasaan “ingin seperti mereka” itu hilang lenyap hingga suatu saat saya melamun dan ingat mereka lagi.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Malam ini, saya tiba pada kesimpulan bahwa simply karena mungkin memang bukan itulah yang saya inginkan dalam hidup. Studi dan bekerja ke luar negeri, tidak pernah saya idam-idamkan sejak dulu (entah jika di masa depan. hehe..). Meskipun orang tua selalu menasehati, “Nak, jika bisa kamu nanti hidup di luar negeri saja. Jangan di Indonesia. Di sana enak, gak kayak di sini, bla bla bla”, tapi saya tidak pernah merasa ingin.

Sebaliknya, mungkin bagi teman-teman saya yang sudah sukses itu, apa yang menjadi pencapaian dia saat ini merupakan sesuatu yang dimimpikan sejak lama dan diupayakan terus dengan fokus.

Itulah sebabnya, setidaknya menurut analisis saya, perasaan “ingin seperti mereka” tersebut tidak pernah tinggal lama.

Lantas, what do I want in life?

Jawab saya: hidup bahagia berkeluarga, sederhana, berkecukupan, dan berdampak bagi orang lain.

Hmm.. isn’t it still too general?

Oh my Goodness, saya masih belum punya jawaban spesifik terhadap pertanyaan ini. Gawat.

Sebagai seorang yang sudah belajar manajemen, saya tahu benar arti penting suatu tujuan. dan saya yakin mengapa teman-teman saya yang hebat itu bisa menjadi sehebat itu because they have a clear goal in their mind. Jadi, PR saya selanjutnya adalah membuat apa yang saya inginkan menjadi lebih spesifik dan fokus untuk mengejarnya.

How about you?
Have you already known what you want in life?
If you haven’t, start looking. Better late, than never.

One thought on “What do I want in life?

Leave a Reply

